Kamis, 27 November 2014
Tribun Jatim
Home » Jatim

Bupati Usulkan 1 Mei Libur Nasional

Selasa, 1 Mei 2012 16:51 WIB

Bupati Usulkan 1 Mei Libur Nasional
surya/mif
Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, Wakil Bupati (Wabup) HMG Hadi Sutjipto dan Ketua DPRD Sidoarjo ikut hadir saat membacakan usulan 1 Mei sebagai hari libur nasional di area parkir selatan alun alun Sidoarjo, Selasa (1/5).
TRIBUNJATIM.COM,SIDOARJO-Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar setiap peringatan Hari Buruh yang jatuh 1 Mei (May Day) sebagai hari libur Nasional. Usulan itu disampaikan bupati saat menghadiri rapat akbar persatuan buruh Sidoarjo di area parkir selatan alun-alun Sidoarjo, Selasa (1/5).

“Pada peringatan hari buruh ini, saya berkomitmen untuk mengusulkan 1 Mei sebagai hari libur Nasional,” tegas orang nomor satu di Sidoarjo saat berbicara di hadapan ribuan buruh, Selasa (1/5/2012).

Bupati juga membacakan empat item permintaan buruh lainnya, pertama pimpinan daerah segera melakukan optimalisasi kinerja aparat penegak hukum khususnya pegawas/PPNS, Polres Sidoarjo Kejari sidoarjo terhadap pelanggaran UU Ketenagakerjaan. Kedua, Kepala Dinsosnaker Sidoarjo akan mencabut izin operasional PPJP yang tidak memenuhi ketentuan UU ketenagakerjaan.

Ketiga, Kepala Dinsosnaker dan Bupati Sidoarjo akan memberi sanksi kepada oknum pegawai pengawas/ppns yang lalai dan tidak menja;ankan tupoksi nya berdasarkan kewenangan yang dimiliki. Keempat, Pemerintah Sidoarjo akan berupaya untuk menurunkan harga-harga kebutuhan pokok (sembako).

“Pokoknya PPJP yang melanggar undang-undang, langsung dicabut izinnya,” tegas bupati disambut yel-yel dari ribuan buruh.

Sementara dalam peringan May Day, ribuan buruh konvoi di jalanan Sidoarjo. Jl Raya Jenggolo sempat crowdit karena banyaknya motor yang menuju alun alun Sidoarjo. Bahkan di Jl Raya Gedangan motor yang dikendarai buruh sempat memacetkan arus lalin dari arah Surabaya menuju Sidoarjo. Karena motor di bagian depan menghentikan lajunya.

Ribuan buruh di Sidoarjo buruh yang sudah memasang panggung di GOR Sidoarjo akhirnya berkumpul dan Jl ke arah Jl Lingkar Barat dari arah selatan ditutup dan dialihkan ke Jl Pahlawan. Panggung terbuka juga digelar di alun alun bagian selatan depan pintu masuk utama Pemkab Sidoarjo. Buruh sejak pagi berkumpul untuk menemui bupati agar 1 Mei dijadikan libur Nasional.


Sumber : surya
Reporter : Anas Miftakudin
Editor: Yoni Iskandar
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas