Sabtu, 29 November 2014
Tribun Jatim

13 Daerah di Jatim Terancam Kekeringan

Senin, 14 Mei 2012 16:28 WIB

13 Daerah di Jatim Terancam Kekeringan
net
Bantuan air
TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA- 13 daerah di Jatim terancam kekeringan. Ini berdasar hasil pemetaan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Sugeng Yanu Santoso, mengatakan, sebagian besar dari wilayah yang diprediksi mengalami kekeringan berada di wilayah Jawa Timur bagian barat, seperti Pacitan, Trenggalek, dan Tulungagung.

"Potensi kekeringan di wilayah tersebut jauh lebih besar karena banyak terdapat pegunungan yang kondisinya gundul," ujarnya, Senin (14/5/2012).

Meski demikian, berdasar informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim kemarau tahun ini, kata Sugeng diperkirakan lebih pendek dibandingkan tahun lalu. Ini terbukti, hingga bulan Mei ini sejumlah daerah masih turun hujan.

Meski demikian, tim BPBD Jatim sudah mengambil langkah awal, yakni melakukan rapat koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk mengantisipasi ancaman krisis air akibat dampak kekeringan. Mulai, menyiapkan peralatan penampungan air, distribusi air dengan mobil tangki, hingga mengirim relawan ke lokasi kekeringan.

Sumber   : Surya
Reporter : Mujib Anwar
Editor: Yoni Iskandar
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas