Rabu, 26 November 2014
Tribun Jatim

Wahhhh.....Penghasilan Warga Surabaya Rp 77,78 Juta/tahun

Rabu, 16 Mei 2012 14:52 WIB

TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA- Andai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini benar, maka bisa dikatakan Surabaya menjadi kota yang lebih maju daripada pertumbuhan Jawa Timur, bahkan nasional. Dari LKPj itu, diketahui pendapatan perkapita masyarakat Surabaya sebesar Rp 77,78 juta/tahun.

Angka tersebut jauh mengungguli pendapatan perkapita nasional hanya Rp 30,8 juta. Jawa Timur bahkan lebih buruk lagi, hanya Rp 23,46 juta/tahun.

“Kalau angka ini benar, saya sangat bersyukur. Pasalnya, warga Surabaya mampu semua, mapan secara ekonomi,” ujar Erick Tahalele, anggota Komisi A DPRD Surabaya, (16/5/2012).

Dengan nada menyindir, Erick yang juga anggota Pansus LKPj Kepala Daerah Surabaya itu mengungkapkan kalau penghasilan warga Surabaya rarat-rata lebih dari Rp 6 juta/bulan. Jelas angka tersebut membuat kualitas hidup warga Surabaya sangat mapan. Namun, Erick mengaku begitu meragukan data yang disajikan wali kota.

“Saya tanya sekarang, logis tidak angka itu? Memang ada masyarakat Surabaya yang berpenghasilan sebanyak itu. Namun apakah sebanyak itu hingga pendapatan perkapita diketahui sebesar itu? Jelas data itu tidak valid,” ujarnya.

Dalam data yang disajikan di LKPJ, politisi Partai Golkar itu menyoroti angka-angka tersebut berdiri sendiri tanpa ada indikator dan rujukan. Misalnya, tidak dilengkapi dengan jumlah masyrakat miskin di Surabaya. Terlebih, data tersebut tidak jelas sumbernya.

“Angka Rp 77,78 juta/tahun itu siapa yang mensurvey? Pemkot sendiri apa BPS (Badan Pusat Statistik)? Tidak dijelaskan datanya dari mana. Ada kecurigaan kalau data itu manipulatif,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ratih Retnowati, anggota dewan yang lain. Data yang ada di dalam LKPj itu tidak jelas jluntrungannya. Hal ini membuat dewan meragukan kevalidan data yang disajikan.

“Saya pikir LKPj ini aneh dan tidak valid. Datanya tidak jelas. Penyusunnya sangat ceroboh,” tudingnya.

Sumber   : Surya
Reporter : Miftah faridl
Editor: Yoni Iskandar
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas