• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribun Jatim
Home » Ekbis

Kertas Sinar Dunia Genjot Produksi Jelang Tahun Ajaran Baru

Selasa, 29 Mei 2012 12:46 WIB
TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA-Industri kertas PT Tjiwi Kimia pacu produksi jelang tahun ajaran baru anak sekolah.

Public Relations PT Tjiwi Kimia Sugianto mengatakan, peningkatan permintaan sudah terjadi sejak beberapa bulan silam.

"Kalau rata-rata kami memroduksi 20.000 ton kertas per bulan untuk pasar domestik, naik menjadi 25.000 ton. Jumlah ini diluar kertas yang diekspor," katanya saat dihubungi Surya, Selasa (29/5/2012).

Produsen kertas dengan merek Sinar Dunia, Mirage dan Paperline ini memang lebih banyak mengekspor, dari total kapasitas produksi sekitar 85 persen diekspor.

"Permintaan pasar ekspor cukup tinggi dan harganya juga menarik, setiap bulan kami mengekpor 125.000 ton kertas yakni termasuk kertas tulis, kertas foto copy dan kertas percetakkan," akunya.

Pasar ekspor yang menyerap palimg banyak yakni AS dan beberapa negara di Eropa. "Tahun ini kami mau memperbesar pasar ekspor ke Timur Tengah dan Australia," ujarnya.

Selama ini sebetulnya sudah masuk kesana tapi sempat vakum karena gempuran kertas China ke negara tersebut. "Nah semester II/2012 ini kami mulai kembali," jelasnya.

Optimisme ini didukung dengan beroperasinya satu lagi mesin kertas, jadi totalnya saat ini ada 13 mesin yang beroperasi untuk memenuhi kebutuhan kertas domestik dan internasional.

"Kami sedang promosikan Paperline Gold, kertas foto copy premium. Kami yakin pasar di Australia dan Timur Tengah akan menyerap lebih banyak dibandingkan pasar domestik," yakinnya.

Paperline Gold sendiri sudah dilaunching di triwulan I/2012 namun respons pasar masih minim. Produk ini dibikin untuk mengisi pasar kertas premium dimana China tidak masuk kesana.

Sumber   : Surya
Reporter : Dwi Pramesti
Editor: Yoni Iskandar
Komentar

Berita Populer
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas