Rabu, 26 November 2014
Tribun Jatim

Ecoton Desak Gubernur Sanksi Berat PG GK

Kamis, 7 Juni 2012 14:49 WIB

TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA- Lembaga Konservasi Lahan Basah atau Ecoton mendesak Gubernur Soekarwo memberi sanksi berat terhadap PG GK yang sudah terbukti limbahnya mencemari Kali Surabaya.

Direktur Ecoton Prigi Arisandi mengatakan, sanksi beras harus diberikan agar pabrik gula di Mojokerto tersebut tidak mengulangi perbuatan dan kebiasaanya membuang limbah sembarangan ke Kali Surabaya.

"Kalau hanya surat peringatan, itu tak menjamin mereka (industri pencemar) itu tak akan mengulangi perbuatannya," tegasnya, Kamis (7/6/2012).

Apalagi dampak pencemaran yang ditimbulkan dari limbah PG GK, kata Prigi sangat luar biasa. Selain membuat ribuan ikan dan lima sapi mati, pencemaran limbah cair juga menyebabkan ekosistem di sungai tersebut menjadi rapuh karena kelebihan beban. Padahal airnya digunakan sebagai bahan baku air PDAM Surabaya dan Gresik.

"Makanya sanksi berat sangat layak diberikan kepada pabrik gula pencemar itu," sergah Prigi.

Jika hal itu tidak dilakukan Gubernur, Ecoton dan bersama lembaga lainnya, kata Prigi akan melakukan langkah hukum terhadap PG GK dan Pemprov Jatim.

"Kita juga mendesak Pemprov segera melakukan revitalisasi Kali Surabaya. Karena kasus ini menjadi ironi ditengah banyaknya penghargaan di bidang lingkungan yang diterima Jatim," imbuhnya.

Sumber : Surya
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yoni Iskandar
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas