• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Tribun Jatim
Home » Jatim

KPU Mojokerto Belum Tentukan Jadwal Pilwali

Selasa, 12 Juni 2012 09:29 WIB
TRIBUNJATIM.COM,MOJOKERTO- KPU Kota Mojokerto belum menentukan kapan pelaksanaan pemilihan wali kota (pilwali) digelar. Sampai saat ini, KPU masih berkoordinasi dengan KPU Jatim.

Masa jabatan wali kota saat ini, bakal berakhir pada tahun 2013 mendatang. Diperkirakan, gebyar pilwali akan berlangsung pada pertengahan tahun. Namun, ada rencana pula pilwali dilakukan secara serentak, karena waktu yang hampir bersamaan dengan pemilihan gubernur Jatim.
Apalagi, pilwali Kota Mojokerto,  juga bersamaan dengan kota-kota lain di Jawa Timur. Yakni, Kota Kediri, Kota Probolinggo dan Kota Madiun, Jawa Timur.

Ketua KPU Kota Mojokerto Mahardianto Sukartika menyatakan, banyak hal yang masih harus dikomunikasikan dengan KPU Jatim. ''Jadi, kita belum bisa memutuskan kapan tepatnya pilwali digelar,'' ujar Tiko, panggilan akrab Ketua KPU Kota Mojokerto ini.

Selain itu, penentuan jadwal pilwali ini juga melihat faktor-faktor lainnya, seperti jadwal musim haji, ramadan, dan lebaran.

"Kalau sampai waktu pemungutan suara berbarengan dengan tiga hal itu, maka tidak akan efektif," kata dia.

Sementara untuk pemilihan anggota legislatif (pileg) sudah bisa dipastikan. Untuk pileg ini, dipastikan akan berlangsilung pada April 2014 mendatang.

Pada pileg kali ini, KPU akan menggunakan aturan terbaru, yakni Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Sumber   : Surya
Reporter : Imam Hidayat
Editor: Yoni Iskandar
Komentar

Berita Populer
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas