• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Jatim

Lurah Se-Surabaya Ditraining Masalah Sengketa Tanah

Rabu, 18 Juli 2012 14:28 WIB
TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA -Banyaknya permasalahan sengketa tanah yang terjadi di kota Surabaya, mendapat perhatian serius dari Pemkot Surabaya.

Pemkot memberikan pelatihan kepada semua lurah se-Surabaya untuk mengatasi persoalan sengketa tanah.

Pelatihan yang dinamakan in house training ini dilakukan di Graha Sawunggaling, Rabu (18/7/2012).

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya, Yayuk Eko Agustin menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh 160 lurah.

“Kalau ada sengketa tanah, lurah adalah pejabat yang harus tahu.
Karena itu lurah harus memiliki bekal untuk mengatasi persoalan sengketa tanah,” tegas Yayuk menjawab wartawan, Rabu (18/7/2012).

Yayuk mengatakan, di acara ini, lurah dibekali materi serta pemahaman khusus tentang persoalan pertanahan. Termasuk tentang detail persoalan yang kemungkinan muncul di lapangan.

“Intinya, lurah harus paham kemungkinan persoalan yang mungkin akan muncul. Sebab, lurah ujung tombak pelaksanaan pembangunan,” ujarnya.

Dikatakan Yayuk, sengketa status tanah adalah persoalan serius. Menurut dia, dibutuhkan waktu panjang untuk menyelesaikan konflik pertanahan.

Malahan, kata dia, jika tak ditangani dengan benar, bisa  menimbulkan konflik di masyarakat.

“Dengan pelatihan ini, diharapkan lurah mampu menyelesaikan masalah tanah dengan baik sesuai dengan aturan dan prosedur,” ujar mantan Kabag Perlengkapan ini.

Kegiatan pelatihan dibuka Asisten I Sekkota, Hadisiswanto Anwar yang mewakili Walikota Surabaya. Pada kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa lurah memiliki peran penting dalam penyelesaian kasus sengketa tanah. Sebab, lurah yang paling tahu kondisi di wilayahnya masing-masing.


“Saya berharap lurah bisa lebih peka serta mampu mengidentifikasi potensi konflik sengketa tanah yang terjadi di wilayahnya,” tegas Hadi.

Sumber   : Surya
Reporter : Hadi S
Editor: Yoni Iskandar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
21932 articles 55 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
berita POPULER
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas