• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Jatim
Home » Jatim

Pekerja Proyek Pelabuhan Dihentikan Paksa

Senin, 26 November 2012 16:53 WIB
TRIBUNJATIM.COM,SITUBONDO - Proyek pemasangan pancang bambu di dermaga Pelabuhan Kalbut, Kabupaten Situbondo, diprotes nelayan Senin (26/11/2012).

Puluhan nelayan dari Dusun Kali Asin dan Dusun Karang Anyar, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, menghentikan paksa  dan mengusir alat berat berserta para pekerja proyek dari dermaga pelabuhan.

Alasan dihentikan proyek itu, karena akan menutup lokasi bersandarnya perahu nelayan.


Salah seorang nelayan mengatakan Edy Suwito mengtakan, jika dermaga itu ditutup, maka para nelayan akan amengalami kesulitan untuk menyandarkan perahunya.

“Kalau tempat bersandar di pindah di sebelah utara, maka akan dihantam ombak. Apalagi sebentar lagi musim angin barat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Pecinan  Madhan mengatakan, meski belum paham, namun dirinya hanya bisa menjembatani nelayan sebagai warganya untuk mengajukan protes ke pihak pelabuhan.

Kepala Pelabuhan Kalbut Ansori menyatakan, aksi protes yang dilakukan itu, sebenarnya bukan warga dari Kalbut. Melainkan warga dari luar.

Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan nelayan setempat dan mereka menyetujui untuk dibangun.  “Nelayan punya kepentingan apa, wong itu wilayah milik pelabuhan,” kata Ansori saat dihubungi via telepon.

Ansori menduga, aksi yang dilakukan para nelayan untuk memprotes pelaksanaan revanasi itu ada yang menunggangi.  “Saya akan menyuruh anak buah untuk mencari tahu siapa warga itu,’ kata Ansori denagn nada kesal.

Aksi protes nelayan akan kembali digelar besok, Selasa (27/11/2012). Mereka mengancam akan menduduki dan meminta pihak pelabuhan untuk menghentikan proyek tersebut.



Sumber    : Surya
Reporter  : Izi Hartono
Editor: Yoni Iskandar
Komentar

Berita Populer
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas