Rabu, 26 November 2014
Tribun Jatim
Home » Ekbis

XL Lakukan Modernisasi Jaringan di Jatim

Rabu, 29 Mei 2013 13:01 WIB

XL Lakukan Modernisasi Jaringan di Jatim
Surya/ Eben Haezer
General Manager Finance Management Service XL East Region, Adi Yuharman dalam Grand Launching XL Center HR Muhammad di Surabaya, Selasa (23/4/2013)
Laporan Wartawan Surya, Eben Haezer Panca

TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA
–PT XL Axiata Tbk atau XL melakukan modernisasi jaringan di area Jawa Timur. Upaya modernisasi dilakukan sebagai jawaban atas peningkatan volume trafik dan tuntutan kualitas layanan yang lebih baik di Jawa Timur.

Vice President XL East Region, Titus Dondi, Rabu (29/5/2013) menyebutkan bahwa upaya modernisasi berlangsung mulai 29 Mei 2013 hingga Oktober 2013.

Dalam upaya modernisasi itu, akan dilakukan perbaikan desain, penggantian perangkat, pernalaan dan optimalisasi jaringan.

Untuk penggantian perangkat, dilakukan melalui modernisasi Radio Base Station (RBS) 2G menggunakan RBS dari Huawei yang diklaim lebih canggih dan lebih berkapasitas besar.

Titus menyebutkan, lewat penggantian RBS 2G itu terdapat tiga keuntungan.

Selain kapasitas dan kecepatan yang bertambah, penggantian itu juga mendukung upaya penghematan listrik dan persiapan menuju penggunaan teknologi LTE yang sampai saat ini belum ditetapkan peraturannya oleh pemerintah.

"Lewat modernisasi jaringan, BTS 2G yang sebelumnya berbasis GPRS bisa ditingkatkan ke edge. Untuk penggunaan teknologi LTE, perangkat baru itu sudah siap. Jadi kalau LTE sudah diatur pemerintah bisa langsung dipakai," ujar Titus.

Ditambahkan Titus, upaya modernisasi ini telah dilakukan XL di sebagian are lain seperti Sumater.
Editor: Yoni Iskandar
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas