Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Jatim
Home » Jatim

9 Juni, KPU Plenokan Dukungan Ganda Khofifah

Rabu, 5 Juni 2013 13:43 WIB

Laporan Wartawan Surya,Mujib Anwar


TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA
– KPU Jatim menyatakan siap menggelar rapat pleno membahas dukungan ganda Partai Kedaulatan (PK) dan Partai Persatuan Nahdatul Ummah Indonesia (PPNUI) dalam Pilgub Jatim untuk pasangan Khofifah-Herman.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad mengatakan, rapat pleno akan digelar 9 Juni nanti.

Pleno digelar, karena hasil verifikasi faktual yang dilakukan tim KPU Jatim terkait dukungan ganda dua parpol ke pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) dan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumewiredja, pihaknya, sudah mengantongi berkas dan dokumen yang menjadi bahan pertimbangan penting bagi KPU untuk mengambil keputusan.

Menurut Andry, berkas dan dokumen yang sudah didapat lembaga yang dipimpinnya adalah berita acara klarifikasi, baik dari Ketum dan Sekjen DPP PPNUI maupun berita acara klarifikasi dari Ketum dan Sekjen DPP PK.

“Selain itu, kami juga sudah mengantongi surat keputusan berita acara klarifikasi tentang keabsahan kepengurusan DPD PK Jatim dari Sekjen, serta mengantongi surat keputusan keabsahan dan kebenaran kepengurusan DPW PPNUI Jatim dari Ketum dan Sekjen,” ujarnya, Rabu (5/6/2013).

Meski berkas dan dokumen sudah lengkap, Andry mengaku belum tahu apa hasil keputusan rapat pleno KPU Jatim.

Pihaknya, kata mantan Ketua KPU Kabupaten Malang ini juga tidak mau berandai-andai menyikapi dukungan ganda dari PK dan PPNUI.

“Semua akan jelas dalam rapat pleno nanti. Karena hasilnya akan (langsung) disampaikan kepada pimpinan partai pengusung dan bakal pasangan calon yang diusung,” tegasnya.

Sebelumnya, KPU Jatim sempat kebingungan ketika melakukan verifikasi dukungan ganda, setelah 31 Mei lalu tim KPU dan Bawaslu Jatim gagal melakukan verifikasi faktual lanjutan melalui konfrontasi dengan cara mempertemukan Ketua Umum dan Sekjen DPP PK Denny M Cilah dan Restianrick Bachsjirun.

Konfrontasi diperlukan, karena saat tim KPU klarifikasi 29 Mei, Sekjen DPP PK, Restianrick menyatakan dukungan dan kepengurusan DPD PK Jatim yang sah adalah ke KarSa, yakni dibawah kepemimpinan Ahmad Tony Dimyati dan Mahsun Azis selaku Ketua dan Sekretaris.

Sementara ketika 30 Mei klarifikasi ke Ketum DPP PK, Denny menegaskan dukungan dan kepengurusan DPD PK Jatim yang sah adalah untuk Khofifah, yakni dibawah kepemimpinan Ach. Isa Nur Cahyo selaku Ketua dan KN Rosadi selaku sekretaris.

 Hal yang sama juga terjadi dengan dukungan PPNUI. Ketum DPP KH Yusuf Chumaidy mengatakan dukungan yang sah ke Khofifah dengan kepengurusan DPW PPNUI Jatim dipimpin Ma'sum Zein - Budi Chidmadi selaku Ketua dan Sekretaris.

Sedang Sekjen DPP PPNUI Andy William Irfan menegaskan, yang sah ke KarSa, dengan kepengurusan DPW PPNUI Jatim dipimpin KHRP Abdurrahman - KH Suaidi selaku Ketua dan Sekretaris.

Editor: Yoni Iskandar
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas