• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Tribun Jatim
Home » Jatim

Panwas Tuban Temukan Data DPS Satu Desa Fiktif

Senin, 24 Juni 2013 10:21 WIB

Laporan Wartawan Surya,Adrianus Adhi

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Tuban mengklaim telah menemukan data fiktif pemuktahiran daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Jatim.

Data fiktif itu ditemukan di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.

Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu Panwaskab Tuban, Edy Toyibi menjelaskan, temuan data fiktif ini setelah Panwascam turun ke lapangan untuk mengaudit data pemilih.

Di sana diketahui kalau Petugas Pemuktahiran Daftar Pemilih (PPDP) belum melakukan pemuktahiran data secara door to door, namun hasil pemuktahiran data DPS sudah masuk ke KPU Tuban.

Usut punya usut, data yang masuk ke KPU berasal dari Pantarlih Pileg. Menurut Edy, hal seperti ini tak dibenarkan, karena data tersebut bukan data asi hasil pemuktahiran yang dilakukan PPDP Pilgub.

"Jadi, data yang masuk ke KPUK itu merupakan data fiktif. Sebab, data itu mengadopsi dari data lain, bukan data yang dilakukan secara door to door," kata Edy pada SURYA (Tribunnews.com, Network), Senin (24/06/2013) pagi.

Menurut Edy, Panwaskab pasti memproses temuan itu. Ia juga mengaku sudah meminta KPU untuk memberi sanksi tegas kepada petugas pemuktahiran data yang tidak melakukan tugasnya sebagaimana mestinya.

"Kalau sudah cacat hukum ya prosesnya harus diulang," tegas Edy.

Sementara itu, Ketua KPU Tuban Soemito Karmani ketika dikonfirmasi membenarkan ada protes dari Panwaskab terkait DPS Pilgub.

Dia juga mengatakan kalau masalah ini sudah ditindaklanjuti.

"Kami sudah menindak lanjuti permasalahan itu dengan melaksanakan check dari rumah ke rumah, dan hasilnya kami minta untuk segera dilaporkan.

Saat ini kami baru proses dari check itu," kata Soemito.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
141293 articles 55 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
berita POPULER
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas