• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 31 Agustus 2014
Tribun Jatim

Tunggu Keputusan MK, Anggota DPRD Mundur Tanggal 16 Juli

Jumat, 12 Juli 2013 14:26 WIB
Tunggu Keputusan MK,  Anggota DPRD Mundur Tanggal 16 Juli
Surya/ Achmad Amru
Rapat Paripurna DPRD Surabaya

Laporan Wartawan Surya,Achmad Amru

TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA- Anggota DPRD Surabaya yang maju sebagai Caleg Parpol lain baru akan mengajukan pengunduran diri setelah tanggal 16 Juli 2013.

Pasalnya, saat ini anggota DPRD tersebut masih mengajukan gugatan keputusan KPU atas kewajiban mundur ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Anggota FPDS DPRD Surabaya, Rio Patiselano mengatakan, keputusan MK menjadi penentu atas keputusan keharusan mundur tersebut.

Jika MK memutuskan anggota DPRD caleg partai lain harus mundur maka sekitar 8.200 anggota DPRD di seluruh Indonesia yang partainya tidak lolos menjadi peserta Pemilu Legislative tahun 2014 harus mundur semuanya.

"Keputusan MK akan menjadi dasar kami mengirim surat mundur dari anggota DPRD atau tidak nantinya," kata Rio Patiselano di DPRD Surabaya, Jumat (12/7).

Dijelaskan Rio, pada intinya dirinya yang kini maju sebagai Caleg dari Partai Gerindra Dapil III tidak masalah jika harus mundur dari anggota DPRD Surabaya.
Hanya saja, perlu ada ketegasan aturan terkait kapan anggota DPRD maju caleg lain harus mundur.

Ini dikarenakan sesuai aturan KPU kalau anggota DPRD yang maju caleg partai lain diartikan hanya berkewajiban menyerahkan surat sudah mengundurkan diri dari Pimpinan DPRD.

Dengan demikian bukan surat peresmian pengunduran diri dari Gubernur yang harus disertakan dalam pencalegan di KPU.

"Untuk itulah, kami sendiri bingung mana aturan yang harus diikuti. Makanya, keputusan MK akan menjadi dasar dari segala aturan pencalegan," tutur Rio.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Komentar

Berita Populer
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas