• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Jatim
Home » Jatim

12 Tahun Bekerja, Karyawan Jadi Otak Pencurian

Senin, 15 Juli 2013 16:12 WIB
12 Tahun Bekerja,  Karyawan Jadi Otak Pencurian
net
Ilustrasi

Laporan Wartawan Surya,Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM,LAMONGAN – Rudy (24) asal Luke Kecamatan Deket,Lamongan merupakan karyawan Toko Bangunan Bintang Arut ini benar – benar tidak tahu diuntung.

Ia ditangkap resmob, Senin (15/7/2013) dan  kini harus mendekam di tahanan Polres Lamongan lantaran menjadi otak pencurian di toko tempatnya bekerja selama dua belas tahun ini.

Rudy dipercaya Hj Masfiyah, pemilik toko sebagai pengawas dan juga menunjukkan barang - barang kepada pembeli yang telah membawa kuwitansi pembelian.

Dan terkadang harus mengantarkan barang – barang yang dibeli konsumen  dengan kendaraan roda empat milik.
 

Ternyata dibalik ketekunannya, ia menjadi otak pencurian  barang – barang dari tokonya kerjasama dengan Rusmaji (30) pemuda asal Desa Gayam Kecamatan Gayam Bojonegoro, menjadi perantara dan yang membawa  barang – barang yang dicuri untuk dijual kepada penadah.

Terungkapnya ulah Rudy dan Rumasji ini berawal dari kecurigaan anggota resmob Polres Lamongan, Aiptu Suprapto yang mempunyai tanggungjawab kekuasaan keamanan di sepanjang jalan Lamongrejo, termasuk keberadaan lokasi Toko Bintang Arut.

Tersangka Rusmaji  hampir setiap hari sering dilihat Suprapto berada di depan Toko Bintang Arut, termasuk Senin (15/7/2013) tadi.  Rusmaji  berlanjut masuk ke toko bangunan itu.

Tak lama kemudian, tersangka keluar dan tiba – tiba sudah membawa belanjaan berupa delapan kaleng cat vinilex per kaleng 5 kg  dalam dua karton.

”Masak baru masuk terus keluar sudah membawa barang belanjaan. Dan itu sudah sering terlihat,”ungkap Suprapto.

Kecurigaan resmob bersama sejumlah anggota yang ngepam di sepanjang jalur jalan Lamongrejo semakin menguat.   Tepat  pukul 13. 45 WIB dua anggota resmob terus mengintai dan membuntuti ulah pelaku saat mengangkut barang curiannya membawa sepeda motor Suzuki Spin nopol S 3120 DE.

Hanya berjarak 500 meter dari TKP, pelaku diberhentikan petugas dan ketika ditanya perihal barang bawaannya dan kuwitansi pembeliannya , Rumasji terlihat bingung.

”Akhirnya mengakui kalau barang itu titipan temannya dari Toko Bintang Arut. Dan terbongkar aksi kong kalikong pencuriannya dengan orang dalam bernama Rudy,”jelas Suprapto.

Rusmaji digelandang ke TKP dan menyeret nama Rudy, sang karyawan toko yang sudah lama bekerja di toko itu dan sudah menjadi orang kepercayaan.  

Dari hasil pemeriksaan, Rusmaji hanya mengakui  sudah puluhan kali melakukan aksinya bersama Rudy. Yang dicuri tidak hanya cat, tapi berupa barang – barang lain dan diduga sudah ratusan kali.

”Tidak ingat lagi, berapakali. Pokoknya sudah lama,”aku Rusmaji.

Hj Masfiyah, dikonfirmasi Surya(Tribunnews.com Network) mengaku kalau pelaku sudah dua belas tahun bekerja di tempatnya. Namun ia tidak menyangka kalau karyawannya itu bisa berbuat nekat.

Sementara itu, Kasat Reskrim AKP Hasran menyatakan pihaknya masih mengembangkan penyelidikan termasuk kemana saja barang – barang curian itu dijual ke penadah.

”Kita akan kembangkan,”tegasnya.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Komentar

Berita Populer
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas