• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jatim
Home » Jatim

Grup Drumband Malaysia dan Thailand Ramaikan JOMC

Jumat, 20 September 2013 16:33 WIB
Grup Drumband Malaysia dan Thailand Ramaikan JOMC
surya/sri wahyunik
Peserta Drumband unjuk kebolehan dalam Open Marching Competition (JOMC) II - 2013.

Laporan wartawan Surya, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM,JEMBER - Sebanyak 25 grup drumband meramaikan acara Jember Open Marching Competition (JOMC) II - 2013.

Acara itu digelar mulai Jumat (20/9/2013) - Minggu (22/9/2013) di GOR Jember itu sebagai rangkaian kegiatan Jember Multi Event (JME) 2013.

Dari 25 grup tersebut, dua grup diantaranya berasal dari Malaysia dan Thailand. Sementara sisanya merupkan grup dari sejumlah kota di Indonesia antara lain dari Jakarta, Surabaya, Malang, Lamongan, Sidoarjo, Banyuwangi, juga dari Jember sendiri.

JOMC dibuka Jumat (20/9/2013) pagi. Kompetisi dimulai dengan babak penyisihan untuk kategori drum battle. Drum battle ini dibagi menjadi dua kategori lagi yakni dasar dan internasional.

Kategori dasar diikuti oleh tujuh grup drumband sekolah dasar di Jember.

"Sedangkan yang internasional, yang non sekolah dasar. Termasuk dari Malaysia dan Thailand. Mereka memperagakan drumband di luar jenis marching band. Untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat juga, bahwa drumband tidak harus dalam formasi jumlah banyak karena itu kategori marching band. Drum battle memang bisa idlakukan oleh 12 orang sampai
25 orang, jadi biayanya juga lebih murah," ujar Ketua panitia acara JOMC, Tri Basuki kepada Surya(Tribunnews.com Network), Jumat (20/9/2013).

Sejumlah grup tampil menghibur penonton dalam atraksi drum battle itu, seperti yang dilakukan Battery Headz Percussion asal Malaysia juga Bangkok Society Drum Line dari Thailand. Penampilan grup dari Indonesia yang mencuri perhatian antara lain dari Angkasa Pura II, Gita Irama Spasa Jember, juga dari Pelita Bangsa Banyuwangi.

Penampilan grup marching band Raudlatul Akbar Jember juga membuat penonton tertawa karena memakai kostum yang unik.

Drum battle ditampilkan di tempat tertutup yakni di dalam GOR. Para peserta akan memanjakan mata penonton Jember secara terbuka di dalam kategori street parade yang digelar Jumat (20/9/2013) malam.

Keseluruhan grup tampil dalam formasi marching band mulai dari sekitar jembatan penyeberangan orang di pertokoan Jompo hingga depan Pendapa Wahyawibawagraha Kabupaten Jember.

"Untuk street parade, peserta tampil dalam formasi marching yang jumlahnya banyak, dan kostumnya macam-macam," imbuh Tri. Untuk street parade, mereka akan menampilkan sejumlah tema antara lain Avatar, Step Up, Broadway juga Army.

Tri menambahkan, JOMC sendiri digelar untuk turut mempromosikan Jember ke kota lain dan negara lain melalui drumband.

"Apalagi sekarang kan ada acara JME," tegasnya.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Komentar

Berita Populer
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas