TribunJatim/
Home »

Jatim

Begini Cara Rutan Medaeng Surabaya Tangkal Narapidana Stres

Untuk menekan tingkat stres dari para tahanan, Bambang memberikan program-program untuk tahanan seperti kegiatan pemberdayaan.

Begini Cara Rutan Medaeng Surabaya Tangkal Narapidana Stres
Tribun Jatim/Aqwamit Torik
Suasana Ruang Tunggu Rutan Kelas 1 Medaeng 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aqwamit Torik

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Medaeng Surabaya meskipun tergolong yang terbesar di Indonesia.

Namun, Rutan yang berada di Jalan Letjen Sutoyo, Medaeng, Waru, Medaeng, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur ini masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat.

Permasalahan overload menjadi masalah utama dari Rutan ini.

Kepala Rutan Kelas 1 Medaeng Surabaya, Bambang Haryanto, menjelaskan para tahanan bisa-bisa sampai stres kalau di dalam ruangan sudah overload.

"Gimana enggak stres, kapasitas rutan udah overload, di dalam ruangan tahanan sudah sempit, panas, setiap malam gak ada yang pakai baju itu mereka semua," imbuh Bambang.

Untuk menekan tingkat stres dari para tahanan, Bambang memberikan program-program untuk tahanan seperti kegiatan pemberdayaan agar tetap bisa beraktifitas.

"Di Rutan ini ada Senam 2 kali seminggu, setiap hari selasa dan kamis, ada kegiatan agama di masjid dan di gereja, latihan musik band, dangdut, membuat kue ada, laundry ada," jelas Bambang.

Selain itu, Bambang menambahkan, ada juga pelatihan make up, pelatihan membuat kerajinan tangan, dan juga ada penyuluhan tentang kesehatan dan juga konsultasi ke psikolog. (*)

Penulis: Aqwamit Torik
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help