TribunJatim/
Home »

Jatim

Pilkada Serentak 2017

Pemilih Pilkada Batu 81,2 Persen, KPU Jatim Capai Target

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim memenuhi targetnya terkait Pilkada Batu 2017.

Pemilih Pilkada Batu 81,2 Persen, KPU Jatim Capai Target
IST
Pilkada serentak 2017 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Adeng Septi Irawan

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim memenuhi targetnya terkait Pilkada Batu 2017.

Sebab, pada tahun ini jumlah pemilih di Pilkada Batu telah mencapai 80 persen.

Berdasarkan hasil penghitungan sementara KPU Kota Batu yang dihimpun Tribunjatim.com pada laman pilkada2017.kpu.go.id, diketahui tingkat partisipasi masyarakat pada Pilwali Kota Pariwisata ini mencapai 81,2%.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat di masing-masing kecamatan juga terbilang tinggi.

“Angka partisipasi masyarakat di Kecamatan Batu mencapai 78,7 persen, di Kecamatan Bumiaji mencapai 86,3 persen, dan Kecamatan Junrejo mencapai 79,7 persen,” kata Gogot melalui telepon selulernya kepada TribunJatim.com.

Menurut Gogot, berdasarkan sampling hasil pantauannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kelurahan Junrejo partisipasi masyarakat TPS 14 mencapai 81,42 persen, TPS 15 mencapai 80 persen, serta TPS 16 mencapai 80 persen.

“Kemudian di Kelurahan Tlekung Kecamatan Junrejo angka partisipasi masyarakatnya mencapai 80,05 persen. Berikutnya, di TPS 4 Kelurahan Punten, Kecamatan Bumiaji tingkat partisipasi masyarakatnya mencapai 84,22 persen,” papar Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim.

Tingginya partisipasi masyarakat pada Pilkada Kota Batu ini disebabkan oleh area TPS yang mudah dijangkau oleh pemilih, dan tingkat kontestasi yang tinggi.

Selain itu ada kebijakan libur nasional dari pemerintah juga ikut mendorong tingginya partisipasi masyarakat.

"Tentu saja tidak ketinggalan peran penyelenggara pemilu dalam melaksanakan strategi sosialisasi dan pendidikan pemilih,"ujar Gogot.

Penulis: Adeng Septi Irawan
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help