Pembunuhan Kim Jong Nam

Penyelidikan Kematian Kim Jong Nam Dilakukan, Korea Utara Malah Lakukan Perayaan

Korea Utara justru melakukan perayaan di tengah penyelidikan kematian Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, Kamis (16/2/2017).

Penyelidikan Kematian Kim Jong Nam Dilakukan, Korea Utara Malah Lakukan Perayaan
straitstimes.com
siti aisyah kim jong nam 

TRIBUNJATIM.COM - Korea Utara justru melakukan perayaan di tengah penyelidikan kematian Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, Kamis (16/2/2017).

Sebab, saat itu juga bertepatan dengan hari lahir mendiang pemimpin Kim Jong Il yang ke-75.

Putra ketiganya sekaligus pemimpin saat ini, Kim Jong Un, beserta para pejabat eksekutif lainnya pada Rabu (15/2/2017) terlihat menghadiri pertemuan di Pyongyang untuk merayakan peringatan tersebut.

Ketua Presidium Dewan Rakyat Tertinggi Kim Yong Nam mengatakan bahwa peluncuran rudal balistik tipe baru pada hari Minggu (12/2/2017) telah dengan cemerlang menghiasi hari lahir Kim Jong Il.

Ia menyampaikan bahwa Korea Utara bersumpah akan mengalahkan kebijakan bermusuhan Amerika Serikat terhadap negaranya.

Media Korea Utara sejauh ini belum melaporkan tentang kematian Jong Nam yang merupakan putra pertama mendiang Kim.

Sementara itu di tempat lain, Pemerintah Malaysia menyatakan bahwa seorang pria yang diduga terbunuh di Kuala Lumpur pekan ini telah diidentifikasi sebagai Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi membuat pengumuman tersebut pada konferensi pers hari Kamis (16/2/2017).

Zahid mengatakan bahwa Malaysia akan menyerahkan jenazah pria tersebut kepada kerabatnya melalui keduataan besar Korea Utara setelah otopsi oleh pihak kepolisian dan seluruh prosedur lainnya selesai.

Pria yang membawa paspor Korea Utara itu jatuh sakit di bandara internasional di ibu kota Malaysia pada hari Senin (13/2/2017) dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Halaman
12
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help