TribunJatim/

Hujan Turun Sehari Semalam, Lereng Gunung Lawu Makan Korban

Rumah Edy Prayitno, di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Magetan tiba-tiba terkubur longsoran tanah dari lereng Gunung Lawu di belakang rumahnya.

Hujan Turun Sehari Semalam, Lereng Gunung Lawu Makan Korban
SURYA/DONI PRASETYO
Rumah Edy Prayitno, di Dusun Kopen, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan tinggal separo setelah terkena longsor dari lereng Gunung Lawu, Selasa (21/2/2017). 

Laporan Kontributor Surya, Doni Prasetyo

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Rumah Edy Prayitno, di Dusun Kopen, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan tiba-tiba terkubur longsoran tanah dari lereng Gunung Lawu di belakang rumahnya, Selasa (21/2/2017) sekitar pukul 09.30 WIB.

Mbah Sadinem (70), istri Edy Prayitno mengatakan, longsor terjadi dan menimpa rumahnya setelah turun hujan sehari semalam. Menjelang subuh, hujannya baru reda.

"Saya sangat kaget dan tidak menyangka bisa terjadi longsor seperti ini," ujarnya.

Menurut Mbah Sadinem, saat rumahnya teruruk longsoran tanah gunung dibelakang rumahnya, dia sedang berada di kebun, sedang kedua cucunya Caca dan Amelia, siswa kelas satu dan dua sekolah dasar berada di sekolah.

"Saya tidak tahu kalau kejadian itu malam hari, karena dibelakang itu kamar saya dan dua cucu saya itu. Allah Maha Besar, rumah saya kena longsor saat semua tidak ada dirumah," jelas Mbah Sadinem, yang tinggal di rumah bersama dua cucunya, karena orangtuanya bekerja di Malaysia.

Kini Mbah Sadinem tidak tahu mau menumpang berteduh bersama kedua cucunya dirumah siapa. Setiap musim penghujan, tetangganya yang belakang rumahnya juga dibawah gunung, memilih tidur diteras depan.

Mereka khawatir akan bencana longsor yang bisa terjadi setiap musim penghujan seperti sekarang ini.

"Mudah mudah ada bantuan, agar rumah saya bisa ditempati lagi bersama kedua cucu saya. Kemungkinan kalau ada bantuan untuk perbaikan rumah, saya akan pindahkan kamar tidur kedua cucu saya di depan dekat teras," terangnya. 

Mbah Sadinem berharap Pemkab Magetan memberikan bantuan untuk memperbaiki rumahnya kembali, agar bisa ditempati bersama kedua cucunya. 

"Kalau pemerintah mau membantu saya sangat berterimakasih," imbuhnya.

Wilayah Kecamatan Poncol dan Plaosan merupakan daerah rawan longsor di Kabupaten Magetan. Setiap musim penghujan silih berganti bencana longsor menimpa desa desa di wilayah itu. Dalam sehari kemarin, Selasa (21/2-2017) dua desa terkena bencana longsor, yaitu Desa Gonggang dan Cileng keduanya di wilayah Kecamatan Poncol.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan sudah menurunkan anggotanya untuk membersihkan kedua rumah di Desa Gonggang dan Cileng yang terkena longsoran lereng Gunung Lawu itu.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Ferry Yoga Saputra menjelaskan, setelah mendapat kabar ada bencana longsor di dua desa di Kecamatan Poncol, BPBD segera menurunkan anggota untuk segera memberikan pertolongan.

"Tanah dan pohon pohon yang menimpa kedua rumah warga segera kita angkat," ucapnya.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help