TribunJatim/

Puluhan Lelaki di Jombang Berdemo Suarakan Hak-Hak Kaum Hawa

Puluhan laki-laki turun jalan menyuarakan hak-hak perempuan, Rabu (8/3/2017).Aksi dilakukan guna memperingati International Women's Day atau Hari Pe

Puluhan Lelaki di Jombang Berdemo Suarakan Hak-Hak Kaum Hawa
Tribunjatim/Sutono
Puluhan massa yang semuanya laki-laki turun jalan menyuarakan kepedulian terhadap hak-hak perempuan. 

Laporan Kontributor Surya, Sutono

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Puluhan laki-laki turun jalan menyuarakan hak-hak perempuan, Rabu (8/3/2017).

Aksi dilakukan guna memperingati International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap 8 Maret.

Massa yang seluruhnya lelaki ini berjalan kaki mulai depan Polsek Jombang Kota di Jalan Wisnu Wardana, kemudian menuju perempatan Kebonrojo, dan menyasar Pemkab Jombang di Jalan Wahid Hasyim.

Sembari membawa poster dan spanduk, mereka juga membagikan yang menyuarakan hak-hak kaum perempuan di Jombang yang belum terpenuhi. Sesampai di depan kantor Pemkab Jombang, mereka melakukan orasi satu demi

“Pemerintah daerah harus mendorong kaum perempuan untuk mendapatkan ruang publik lebih luas,” teriak Hasbillah, saat berorasi.

Dia juga memprotes banyaknya kasus kekerasan terhadap kaum hawa. Dari data yang dirilis pada 2016 oleh Komnas Perempuan, tercatat 11.207 kasus kekerasan menimpa perempuan dan anak.

“Itu hanya pada kasus kekerasan dalam rumah tangga. Sementara terdapat 5.002 kasus kekerasan seksual hingga pencabulan," ujar Hasbillah.

Baca: Peringati International Womens Day, She Runs Surabaya Ajak Semua Perempuan Bergabung


Massa aksi akhirnya ditemui Wakil Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab. Dalam pertemuan itu, Wabup Mundjidah menampung aspirasi kaum laki-laki tersebut.

“Aspirasi itu sebagian sudah kami jalankan melalui beberapa program. Termasuk pendampingan terhadap perempuan yang menjadi korban kekerasan dan korban kejahatan seksual,” pungkasnya.

Massa unjuk rasa selanjutnya kembali jalan kaki dengan cara memutar melalui perempatan Kantor PLN, Jalan Siliwangi, dan finis di depan Polsek Jombang Kota

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help