TribunJatim/

Bangkalan

Survei LPKS: 3 Figur Ini Jadi Harapan Masyarakat Bangkalan Gantikan Dinasti Fuad Amin

Lembaga Pusat Kajian Sosial (LPKS) menggelar survei mencari calon pemimpin di Bangkalan. Hasilnya, tiga tokoh jadi harapan gantikan dinasti Fuad Amin.

Survei LPKS: 3 Figur Ini Jadi Harapan Masyarakat Bangkalan Gantikan Dinasti Fuad Amin
TRIBUNJATIM/AHMAD FAISOL
Dosen Komunikasi Politik Unesa Awang Darmawan (kiri) dan Peneliti LPKS Habibullah Izhar ketika memaparkan hasil survei Sosial Kemasyarakatan dan Potensial Tokoh Bangkalan, Minggu (12/3/2017), di RM Zuka-zuka. 

Laporan Kontributor Surya, Ahmad Faisol

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Kendati genderang perebutan kursi Bupati Bangkalan belum ditabuh, namun survei persepsi publik terhadap sosok pemimpin potensial berdasarkan popularitas dan elektabilitas mulai muncul.

Dari sepuluh nama, tiga tokoh alternatif di luar figur mainstream menjadi harapan masyarakat dalam Pilkada Bangkalan 2018 nanti.

Menggantikan figur tokoh yang masih ada kaitannya dengan dinasti KH Fuad Amin, mantan Bupati Bangkalan dua periode dan Ketua DPRD setempat.

Survei persepsi publik berdasarkan Sosial Kemasyarakatan dan Potensial Tokoh Bangkalan dilakukan Lembaga Pusat Kajian Sosial (LPKS) mulai 1 Februari 2017 hingga 2 Maret 2017.

Hasilnya, KH Hasani Zubair menduduki peringkat teratas dengan tingkat popularitas mencapai 56 persen dan elektabilitas 26 persen.

Kiai muda yang akrab disapa Ra Hasani itu mengalahkan dua politikus senayan asal Bangkalan, Nizar Zahro dan HM Farid Al-Fauzi.

Meski popularitas Nizar Zahro mencapai 59 persen, namun elektabilitas Anggota Komisi V DPR RI itu masih di bawah Ra Hasani. Elektabilitas politisi asal Partai Gerindera itu hanya 18 persen.

Sementara popularitas MH Farid Al-Fauzi yang menjabat sebagai Anggota Komisi VII DPR RI dari Partai Hanura itu mencapai 47 persen dengan tingkat elektabilitas dibawah Ra Hasani dan Nizar Zahro, yakni 16 persen.

Peneliti LPKS Habibullah Izhar mengungkapkan, jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 500 orang dengan margin error kurang lebih 4,74 persen pada tingkat kepercayaan 95,26 persen.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help