TribunJatim/

Jombang

Dari 161 SMP, Baru 20 Sekolah di Jombang Siap UNBK

Dari total sebanyak 161 SMP di Kabupaten Jombang (terdiri dari rincian SMP Negeri 48 dan SMP swasta 123 sekolah), baru 20 sekolah yang tahun ini sia

Dari 161 SMP, Baru 20 Sekolah di Jombang Siap UNBK
Tribunjatim/Sutono
Para siswa mengikuti simulasi UNBK di SMAN 3 Jombang 

 Laporan Kontributor Surya, Sutono

 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Dari total sebanyak 161 SMP di Kabupaten Jombang (terdiri dari rincian SMP Negeri 48 dan SMP swasta 123 sekolah), baru 20 sekolah yang tahun ini siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini dikarenakan baru 20 sekolah itulah yang mampu menyiapkan sarana dan prasaraba berupa komputer dan server. Selebihnya, atau sebagian besar SMP belum siap.

"Kendala utama di sekolah adalah terkait dengan sarana dan prasana, yakni berupa komputer dan server," kilah Kepala Dinas Pedidikan (Disdik) Kabupaten Jombang, Budi Nugroho kepada TribunJatim.com, Senin (13/3/2017).

Budi menjelaskan, fasilitas penunjang pelaksanaan UNBK yang terutama menjadi kendala itu adalah tersedianya minimal sepertiga jumlah komputer dari jumlah peserta UN.

“Ini terutama menimpa sekolah yang terletak di wilayah pedesaan. Apalagi jaringan internet di Kabupaten Jombang juga belum meratas, karena letak geografis yang berupa pegunungan dan pedesaan. Ini semua menyulitkan melaksanakan UNBK," imbuhnya.

Baca: Soal UNBK 2017, Dewan Pendidikan Jawa Timur Berikan Komentar

Dengan kondisi seperti itu, sambung Budi, hanya sekolah yang berada di wilayah perkotaan Jombang saja yang mampu melaksanakan UNBK untuk tingkat SMP.

“SMP-SMP yang berada di perkotaan, baik perkotaan kabupaten maupun kecamatan saja yang dapat melaksanakan UNBK pada mei mendatang,” pungkas Budi Nugroho

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help