Pasuruan

Pelajar SMP Ini Sudah Jago Curi Motor, Ini Modalnya

Usianya memang masih muda, tapi pemikirannya luar biasa. Saking luar biasanya, AE (16) warga Dusun Kalisat, Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, Pasuruan

Pelajar SMP Ini Sudah Jago Curi Motor, Ini Modalnya
TribunJatim/ Galih Lintartika
Motor curian yang diamankan Polisi pasuruan 

Laporan Wartawan Surya, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Usianya memang masih muda, tapi pemikirannya luar biasa. Saking luar biasanya, AE (16) warga Dusun Kalisat, Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, Pasuruan ini kelewat batas.

Siswa SMP ini diamankan Satreskrim Polres Pasuruan setelah diduga kuat menjadi pelaku curanmor.

Tersangka diamankan polisi, Senin (13/3/2017) di rumahnya. Ia disangka mencuri sepeda motor Honda Beat nopol N 5346 TBG milik Kuswati (28) warga Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Pasuruan.

Sepeda motor korban hilang saat diparkir di rumah temannya, Rahmat, Dusun Glatik Timur, Desa Glagahsari, Kecamatan Sukorejo, Pasuruan pada akhir Januari lalu.

Kapolres Pasuruan AKBP Muhammad Aldian mengatakan, tersangka ini melarikan diri dan menghilang dari rumahnya dua bulan. Ia mengatakan, meski masih muda, tersangka ini sudah berani mencuri sepeda motor.

"Dari pemeriksaan, dia tidak sendirian. Dia bersama temannya yang berinisial MS dan ini masih dalam pengejaran anggota kami," kata AKBP Muhammad Aldian kepada TribunJatim.com , Senin (13/3/2017).

AKBP Muhammad Aldian menjelaskan, modus yang dilakukan tersangka ini cukup unik. Dia mengambil sepeda motor korban ini tanpa menggunakan alat sedikitpun.

Dia nekat menuntun sepeda motor korban dari parkiran hingga ke Bangil. Padahal, lokasi parkir sepeda motor korban di Sukorejo sampai ke Bangil itu tidak dekat, hampir 20 kilometer.

"Dia menuntun sepeda motor itu. Sedangkan, dari belakang MS membantunya dengan mendorong menggunakan sepeda motor," papar AKBP Muhammad Aldian.

Baca: Beginilah Bila Begal Salah Pilih Sasaran, Apes, Korban Ternyata Kenal Pelaku

Menurut Aldian, dua tersangka ini menjual sepeda motor hasil pencuriannya itu. Namun, AE ini belum mau menyebutkan berapa uang yang didapatkannya dari hasil menjual sepeda motor curian.

"Dia belum mengaku, termasuk dimana menjualnya. Yang jelas, ini kasus menarik dan perlu kami dalami lebih lanjut," terangnya.

Saat ini, dikatakan Aldian, tersangka dipulangkan dan tidak ditahan. Ia beralasan, tersangka tidak ditahan atas dasar pertimbangan penyidik dan masih di bawah umur.
Kendati demikian, ia menegaskan bahwa proses hukum tetap berjalan semestinya. Bahkan,pihaknya berniat akan menyelidiki siapa yang menjalakan tersangka ini untuk mencuri.

"Kalau perlu kami bongkar saja jaringannya. Sementara, tersangka ini wajib lapor setiap harinya," pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help