Jombang

Ratusan Siswa SMAN 3 Jombang Gelar Simulasi UNBK

Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Jombang, Jawa Timur menggelar simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA di seko

Ratusan Siswa SMAN 3 Jombang Gelar Simulasi UNBK
Tribunjatim/Sutono
Para siswa mengikuti simulasi UNBK di SMAN 3 Jombang 

Laporan Kontributor Surya, Sutono

 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Jombang, Jawa Timur menggelar simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA di sekolah setempat, Senin (13/3/2017).

Kepala Sekolah SMAN 3 Jombang, Sih Wihartini mengatakan, simulasi digelar agar para siswa lebih siap dalam mengahadapi ujian nasional, serta membiasakan siswa dengan peralatan yang nantinya akan digunakan.

"Tujuan simulasi sebagai bentuk latihan terhadap siswa agar siap mental dan terbiasa dengan ujian nasional berbasis komputer," kata Sih Wihartini kepada TribunJatim.com.

Sih Wihartini menjelaskan, di SMAN 3 Jombang terdapat 324 siswa yang tahun ini menghadapi ujian nasional berbasis computer. Karena waktu ujian semakin dekat, latihan dan simulasi harus dilakukan.

"Pasti siswa tidak akan bermain-bermain karena ujian nasional ini sangat penting guna menentukan masa depan siswa dalam memilih perguruan tinggi yang sesuai keinginan," imbuhnya.

Baca: Gladi Bersih UNBK Siswa SMA, Ini Pembagian Sesinya

Di SMA 3 Jombang sendiri terdapat 120 komputer dengan rincian 108 komputer untuk peserta ujian dan 12 komputer cadangan. Para siswa akan mengikuti UNBK disekolah tersebut dalam tiga sesi ujian dalam satu hari.

UNBK sendiri merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online. Yakni naskah soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah)

UNBK SMA dan sederajat secara nasional akan digelar serentak. Untuk SMK dilaksanakan tangal 3-6 April 2017, SMA dilaksanakan tanggal 10-13 April 2017, dan ujian susulan pada tanggal 18-19 April 2017.

Penulis: Sutono
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help