TribunJatim/

Gus Ipul Impikan Madura Maju dan Modern Seperti Dubai

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, menginginkan nanti jika Madura sudah berpisah dari Jawa Timur, bisa menjadi sebuah provinsi modern dan ma

Gus Ipul Impikan Madura Maju dan Modern Seperti Dubai
TribunJatim/Muchsin
Wagub Saifullah Yusuf dan Bupati Pamekasan, dialog dengan dua penderita penyakit kusta, di halaman Pendopo Ronggo Sukowati, Pamekasan. 

 Laporan Kontributor Surya, Muchsin

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, menginginkan nanti jika Madura sudah berpisah dari Jawa Timur, bisa menjadi sebuah provinsi modern dan masyarakatnya religius, seperti daerah Dubai atau Uni Emirat Arab (UEA), yang terletak di Timur Tengah.

Sebab, selama ini Madura menjadi satu wilayah di Jawa Timur dengan memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) terbesar, seperti minyak dan gas. Ini dibuktikan dengan urutan 10 penyumbang terbesar di Indonesia, di antaranya Madura, yang disumbangkan melalui sumber migas di Blok Ketapang, di lepas pantai Sampang.

“Saya mengimpikan Madura nanti seperti Uni Emirat Arab atau Dubai. Jika ini benar-benar terealisasi ini, tentu kerren. Pembangunan maju, masyarakatnya religius, namun peradabannya modern,” ujar Saifullah Yusuf, kepada Tibunjatim, seusai meresmikan pencanangan Jawa Timur Eliminasi Kusta (Jelita) di halaman Pendopo Ronggo Sukowati, Pamekasan, Rabu (15/3/2017).

Menurut Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, untuk menggapai impian itu, tentunya harus diimbangi dengan green design dan dukungan penuh dari Provinsi Jawa Timur. Selama belum ada green design lebih dulu, sama saja itu tak ada manfaatnya.

Namun untuk membuat green design ini, pihaknya sudah koordinasi dengan tokoh Madura, Mahfud MD, yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia mengaku meminta bantuan Mahfud untuk membuat green design pembangunan Madura secara keseluruhan, agar infrastruktur di seluruh Madura dibangun secara teratur yang berdampak positif bagi lingkungan, sosial, masyarakat serta ekonomi.

Dijelaskan, green design yang dimaksud, di antaranya bagamana di Madura ini dibangun jalan lingkar mulai dari ujung barat Madura di Bangkalan, hingga ke ujung timur di Sumenep dan dan bendungan-bendungan hidup.

Baca: Wow, Kaus Bertanda Tangan Gus Ipul Ini Setara Harga Motor Kawasaki Ninja

Dijelaskan, untuk mendukung kemajuan Madura dan masyarakatnya, ia memberi saran bagaimana nanti seluruh anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) di empat kabupaten di Madura, dikumpulkan jadi satu.

Di antaranya digunakan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), berupa pembiyaan terhadap anak sekolah, hingga lulus kuliah yang kemudian mengabdi untuk Madura.

Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help