123 SMA dan Sederajat di Jombang Siap Gelar UNBK

Sebanyak 123 Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pad

123 SMA dan Sederajat di Jombang Siap Gelar UNBK
Tribunjatim/Sutono
Para siswa mengikuti simulasi UNBK di SMAN 3 Jombang 

 TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Sebanyak 123 Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2017 mendatang.

"Tahun ini SMA dan sederajat memang wajib melaksanakan UNBK bagi siswa kelas akhir. Dan alhamdulillah bisa terpenuhi," ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Jombang, Fathurrohman kepada kepada TribunJatim.com, Jumat (17/3/2017).

Kewajiban pelaksaan ujian tersebut menurut Fathurrohman dapat dilakukan dengan pelaksaan UNBK secara mandiri atau menumpang disekolah lain.

"Misalnya di SMK yang belum siap bisa menumpang di SMA yang sudah siap begitu juga sebaliknya, karena waktu pelaksanaan UNBK antara SMK dan SMA berbeda," imbuhnya.

Baca: Dari 161 SMP, Baru 20 Sekolah di Jombang Siap UNBK

Fathurroman merinci dari 123 Sekolah yang ada di Kabupaten Jombang, terdiri dari 63 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 47 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 13 Madrasah Aliyah (MA).

Untuk SMK, 53 sekolah sebagai penyelenggara dan 10 sekolah penggabung. Untuk SMA, 29 sekolah sebagai penyelenggara dan 18 sekolah penggabung.

Sedangkan untuk Madrasah Aliayah terdapat 12 sekolah sebagai penyelenggara dan 1 sekolah penggabung.

"Sekolah pengabung adalah sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri karena keterbatasan sarana dan prasarana," pungkasnya.

Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Jombang akan diikuti 16.893 siswa, dengan rincian 8104 orang siswa dari SMK, dan 8789 siswa dari SMA serta MA yang tersebar di 21 kecamatan yang ada di Jombang. (Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help