TribunJatim/

Ini Perbedaan UNBK SMA 2016 dan 2017

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini dipastikan berbeda dengan tahun lalu (2016). Perbedaan tersebut antara lain terletak dar

Ini Perbedaan UNBK SMA 2016 dan 2017
TribunJatim/Muchsin
Siswa SMA Wahid Hasyim, Pamekasan, terlihat khusuk, saat pelaksanaan simulasi UNBK, Selasa (21/2/2017). 

 TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini dipastikan berbeda dengan tahun lalu (2016). Perbedaan tersebut antara lain terletak dari mulai masa ujian hingga mata pelajaran yang diujikan.

"Jika UNBK 2016 untuk tingkat SMA maupun SMK dilaksanakan dalam waktu 6 hari, untuk tahun 2017 dilaksanakan hanya 4 hari saja," ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Jombang, Fathurrohman, Jumat (17/3/2017).

Perbedaan selanjutnya, menurut Fathurrahman, yakni pada mata pelajaran yang diujikan. Pada UNBK 2016, seluruh mata pelajaran diujikan. Sedangkan tahun ini para siswa dapat memilih mata pelajaran sesuai keahlian.

"Untuk siswa jurusan IPS dapat memilih salah satu antara sosiologi, ekonomi dan geografi. Sedangkan untuk jurusan IPA dapat memilih antara fisika, kimia dan biologi," imbuhnya kepada TribunJatim.com.

Baca: Gladi Bersih UNBK Siswa SMA, Ini Pembagian Sesinya

Namun menurut Faturrahman, untuk mata pelajaran pokok, yakni Bahasa Indonesia Bahasa Inggris dan matematika, tetap sama. Yaitu diujikan kepada seluruh siswa pada UNBK April mendatang.

Diketahui sebanyak 123 SMA dan sederajat di Kabupaten Jombang siap melaksanakan UNBK April mendatang. Ratusan sekolah tersebut dapat melaksanakan UNBK dengan cara mandiri dan menggabung kepada sekolah lain. (Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help