Polres Jombang Bentuk Tim Cyberpatrol Tangkal Hoax

Polres Jombang Jawa Timur membentuk tim Cyberpatrol yang bertujuan guna memburu penyebar berita bohong alias hoax di wilayah hukumnya. Hal ini guna me

Polres Jombang Bentuk Tim Cyberpatrol Tangkal Hoax
VICE News
hoax MUI 

 TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Polres Jombang Jawa Timur membentuk tim Cyberpatrol yang bertujuan guna memburu penyebar berita bohong alias hoax di wilayah hukumnya. Hal ini guna meminimalkan keresahan warga akibat tersebarnya berita bohong.

Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, menjelaskan, tim Cyberpatrol terdiri dari seluruh unsur yang ada di dalam Polres Jombang.

"Mulai jajaran reserse kriminal, narkoba, humas, hingga satuan lalulintas terlibat. Tujuannya agar berita dapat langsung dikroscek kebenarannya di satuan yang menangani persoalan tersebut," ujarnya kepada Tribunjatim.com, Minggu (19/3/2017).

Agung mencontohkan, berita penangkapan oknum kepala dusun (kasun) di Desa Grobogan Kecamatan Mojowarno yang gencar di media sosial, dan menyudutkan polisi. \

Baca: Polres Jombang Gelar Razia Narkoba di Lapas Jombang, Ini Hasilnya


Di situ dikesankan kasun akan dibebaskan jika Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Hinder Ordonantie (HO) atau izin gangguan yang dibawa kasun diberikan kepada PT Tirta Investama.

"Berita itu tidak benar. Karena berdasarkan penyelidikan, memang ditemukan unsur pidana dalam kasus penggelapan atas kompensasi pengurusan tanda tangan warga untuk IMB dan HO yang ditangani kasun. Jadi tidak ada istilah barter," imbuh Agung.

Selanjutnya menurut Agung, para penyebar berita hoax bisa terancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Di situ disebutkan, setiap orang yang sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar," tegasnya.

Untuk itu Agung mengimbau kepada masyarakat agar terbiasa untuk mengkroscek kebenaran sebuah berita dan tidak asal memposting di media sosial sebelum tahu kebenaran beritaanya.(Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help