TribunJatim/
Home »

Jatim

Wow, Setahun Gratis Buang Limbah Tinja Manusia ke IPLT Lamongan

Kesempatan bagi siapapun, atau para pemilik penyedotan tinja water closet (WC). Dinas PU Cipta Karya tengah membuka layanan gratis pengolahan limbah t

Wow, Setahun Gratis Buang Limbah Tinja Manusia ke IPLT Lamongan
TribunJatim/Hanif manshuri
Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) milik Pemkab Lamongan yang pelayanannya dibuka gratis selama setahun, Minggu (19/3/2017) 

 TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Kesempatan bagi siapapun, atau para pemilik penyedotan tinja water closet (WC). Dinas PU Cipta Karya tengah membuka layanan gratis pengolahan limbah tinja rumah tangga.

Dinas PU Cipta Karya melalui UPT Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman selama setahun, mulai awal tahun 2017 hingga Desember 2017 membuka kesempatan lokasi pembuangan limbah domestik, yakni tinja manusia melalui Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT), lokasi di wilayah Kelurahan Sidokumpul, atau tepatnya di Dapur Lor.

Instalasi bantuan pemerintah pusat itu telah tuntas dibangun dan siap dioperasionalkan.

"Untuk kurun waktu setahun (2017), kita akan berikan pelayanan gratis,"ungkap Kepala Dinas PU Cipta Karya didampingi KUPT Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kepada Tribunjatim.com, Minggu (19/3/2017).

Pelayanan pengolahan itu diberikan secara cuma - cuma, tanpa ada biaya sepeserpun. Para pemilik usaha penyedotan tinja WC tinggal mengangkut dan membawa limbah tinja itu ke IPLT.

Baca: Dari Penghancur Limbah Kerang, Tiga Mahasiswa ITS Surabaya Raih Penghargaan di Singapura

Kalau selama ini limbah domestik atau tinja manusia hasil pengurasan dari septic tank rumahan hanya dibuang begitu saja ke sejumlah tempat, seperti ke lokasi lahan tebu atau di tengah hutan.

Namun mulai awal tahun ini, para pemilik usaha bisa membuan ke IPLT Sidokumpul.
Pengusaha swasta tinggal mengangkut tinja hasil sedotan limbah rumah tangga (bukan limbah industri atau bukan limbah domestik sampah, red) ke lokasi IPLT.

Petugas akan memandu pengemudi mobil tangki pengangkut limbah tinja.
Bagaimana caranya ? pertama, limbah tinja dari truk tangki dimasukkan ke solid sparation chamber (SSC), kemudiam diendapkan sampai kering hingga sekitar dua minggu.

Air yang dihasilkan dari endapan itu dialirkan keluar dari pipa. Jika tinja di SSC sudah padat, kemudian diambil dan dikeringkan di bak penjemur untuk kompos.
Sementara air dari SSC dialirkan ke kolam anaerobi, kemudian ke kolam fakultatif, dan ke kolam maturasi, dimana air di dua tempat ini hasilnua sudah netral yang kemudian berkanjut mengalir ke bak kontrol dan ke bak indikator.

"Dalam kurun waktu satu tahun ini pembuangannya gtatis," tandasnya.
Baru setelah dibuat perda nanti, akan ada ongkos yang dihitung perkubik.
Pengadaan armada tangki sudah diusulkan, yakni bantuan angkutan mobil tangki ke pemerintah pusat.

Meski nanti pemerintah daerah telah memiliki armada, IPLT tetap terbuka menerima limbah tinja dari pihak swasta.

"Setahun ini tidak ada biaya apapun bagi yang ingin membuang tinja ke IPLT," ungkapnya.

Harapannya dengan IPLT ini tidak ada lagi yang membuang tinja hasil penyedotan dari WC ke sembarang tempat. Pemkab Lamongan tengah memberikan jawaban dan solusinya, yakni tempat pengolahan limbah tinja (Surya/Hanif Manshuri).

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help