TribunJatim/
Home »

Jatim

Gubernur Soekarwo Gandeng Dua Perusahaan Ini Kelola Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo

Gubernur Jawa Timur Soekarwo akan menggandeng PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

Gubernur Soekarwo Gandeng Dua Perusahaan Ini Kelola Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo
Tribun Jatim/Adeng Septi Irawan
Gubernur Jawa Timur Soekarwo usai sidang paripurna bersama DPRD Jatim pada Senin (13/3/2017) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akan menggandeng PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) untuk mengembangkan Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo dengan menggunakan konsep corporate bond.

"Dalam perencanaan pembangunan Pelabuhan Probolonggo ini kami tidak menggunakan kerjasama antara pemerintah dengan pemerintah, karena kepentingannya akan bersifat politis," ujar Pakde Karwo panggilan akrab Soekarwo, Senin, (20/3/2017).

Pakde Karwo juga mengatakan bahwa potensi pelabuhan tersebut sangat besar karena kedalaman dermaga pelabuhan tersebut hampir 16 meter.

“Saat ini pergudangan dan industrial estate di daerah Probolinggo juga masih kosong. Jika bisa dikembangkan maka potensinya cukup besar,” kata Soekarwo.

Untuk mewujudkannya Pakde Karwo meminta pengelolaan Pelabuhan Tanjung Tembaga bisa dialihkan dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) ke pemerintah provinsi.

Hal tersebut, agar pelabuhan yang ada di Probolinggo bisa seluruhnya dikelola oleh pemerintah.

"Jika Pelabuhan Tanjung Tembaga yang saat ini dikelola Pelindo bisa diserahkan ke Pemprov, maka akan terintegrasi dengan Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo yang sudah dikelola Pemprov,” ucap Pakde Karwo.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help