TribunJatim/

Gus Ipul Minta Satpol PP Profesional dan Mengedukasi

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Syaifullah Yusuf meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk lebih profesional dan mengedukasi

Gus Ipul Minta Satpol PP Profesional dan Mengedukasi
TribunJatim/ Galih Lintartika
Sejumlah penampilan memeriahkan perayaan HUT Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55 di Pasuruan. 

 TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Syaifullah Yusuf meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk lebih profesional dan mengedukasi masyarakat kedepannya.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Satpol PP yang ke 67 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang ke 55 tahun 2017, di Stadion R Soedrasono, Pogar Bangil, Senin (20/3/2017).

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim ini mengatakan, di HUT Satpol PP ini, pihaknya fokus memperbaiki citra Satpol PP. Selama ini, Satpol PP dikenal sebagai pihak yang keras dan kasar karena sering mengusir pedagang kaki lima, pengemis, menghalau orang – orang yang mencari rezeki tapi melanggar aturan dan sebagainya.

“Di usianya yang semakin matang, saya minta Satpol PP lebih dewasa dalam bersikap,” katanya kepada TribunJatim.com.

Gus Ipul mengharapkan, Satpol PP ini tidak hanya keras dalam menerapkan peraturan perundang – undangan atau peraturan daerah yang ada. Di era seperti sekarang ini, ia meminta Satpol PP untuk bisa memberikan edukasi masyarakat atau pihak yang melanggar aturan.

Baca: Komunitas Sepeda Tua Pendekar Maerokotjo, Gus Ipul Hingga Risma Pernah Ikut Berpartisipasi

“Ditegur tidak harus keras. Mereka bisa mengedukasi dan pemahaman, semisal ke Pedagang kaki lama. Mereka tidak harus mengejar mereka sampai lari - lari untuk memberi peringatan,” terangnya.

Kata Gus Ipul, Satpol PP cukup menegur mereka. Satpol PP tak harus lari – lari untuk menertibkan. Yang dipikirkan , bagaimana caranya agar bisa persuasif dan edukatif dalam menyikapi permasalahan di masyarakat.

“Kalau bisa, edukatif, tapi yang mengena. Targetnya, mereka atau pelanggar tidak mengulangi perbuatannya di waktu lain karena sudah diperingatkan dan diajarkan yang baik dan benar,” tandasnya.

Gus Ipul memberikan nilai 99,99% untuk pelaksanaan upacara dalam rangka HUT Satpol PP dan Linmas di Kabupaten Pasuruan tahun 2017 ini. Ia sangat mengapresiasi Kabupaten Pasuruan yang mempersiapkan semuanya untuk perayaan HUT Satpol PP dan Linmas ini.

“Luar biasa saya acungkan jempol untuk Kabupaten Pasuruan yang berhasil dan sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan HUT Satpol PP dan Linmas tahun ini. Acaranya sangat keren,” imbuhnya.

Perayaan HUT Satpol PP ke 67 dan Satlinmas ke 55 dimeriahkan dengan penampilan 500 penari dari siswi dan guru Pandaan yang membawakan tari Pasuruan Gumuyu, aksi Paralayang, serta devile dari seluruh Satpol PP se-Jawa Timur. Khusus Devile, ada penilaian.

Yang berhasil keluar menjadi juara 1 lomba kerapihan dan ketertiban pasukan upacara adalah Satpol PP Kabupaten Gresik Kabupaten Madiun sebagai Juara II, Kabupaten Mojokerto sebagai Juara III, Kabupaten Pasuruan sebagai Juara Favorit.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help