TribunJatim/

Terumbu Raja Empat Dirusak Kapal Pesiar, Luhut Binsar : Tunggu Hasil Investigasi

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan investigasi soal terumbu karang yang rusak di Raja Ampat, Papua masih dihitung.

Terumbu Raja Empat Dirusak Kapal Pesiar, Luhut Binsar : Tunggu Hasil Investigasi
TRIBUNJATIM.COM/AULIA FITRI HERDIANA
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (tengah), Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) dan Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak (kanan) saat konferensi pers di Terminal Teluk Lamong, Senin (20/3/2017) 

Laporan TribunJatim.com, Aulia Fitri Herdiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan investigasi soal terumbu karang yang rusak di Raja Ampat, Papua masih dihitung.

"Pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB tadi, investigasi masih dilakukan oleh tim terpadu. Kami akan menunggu hasilnya beberapa hari kedepan," jelas Luhut.

Menurut Luhut yang terpenting ialah asuransi dari kapal tersebut telah hadir di Indonesia.

"Kami juga sudah mendapat beberapa data kerusakan," lanjutnya.

Luhut juga menegaskan Pemerintah akan lakukan langkah hukum internasional untuk menindak kasus kerusakan terumbu karang ini.

"Kami juga akan mengevaluasi bagaimana bisa kapal itu dapat lolos dari pengamatan sampai masuk ke dalam perairan dangkal di kepuluan Raja Ampat," terang Luhut.

Dia menjelaskan pihaknya juga akan mengkaji peraturan-peraturan yang ada sekarang ini terkait bagimana bisa kapal tersebut bisa masuk dan kandas di perairan tersebut.

"Nantinya akan Kami evaluasi peraturan-peraturan disini terkait kapal izin bersandar di Kepulauan Raja Ampat. Kedepannya yang paling penting adalah memperbaiki peraturan Kita agar kejadian ini tidak terulang kembali," ungkapnya.

Menurut Luhut, pihaknya akan menggandeng sejumlah kalangan dari dalam maupu luar negeri untuk ikut menyelidiki kejadian ini.

"Terumbu karang di Raja Ampat adalah keindahan bawah laut yang termasuk ke dalam aset dunia. Oleh sebab itu, nanti Kami akan mengikutsertakan pihak luar untuk ikut menyelidiki kasus ini," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Aulia Fitri Herdiana
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help