Home »

Jatim

Warga di Lamongan Ini Keluhkan Limbah Pembakaran Timah, Ini Penyebabnya

Para petani yang ada di sekitar lokasi pembakaran timah Desa Datinawong berbatasan dengan Desa Bulumargi, Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur, meng

Warga di Lamongan Ini Keluhkan Limbah Pembakaran Timah, Ini Penyebabnya
TribunJatim/Hanif manshuri
Limbah pembakaran timah di Desa Datinawong yang meluber ke lahan pertanian warga, Senin (20/3/2017) 

 TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Para petani yang ada di sekitar lokasi pembakaran timah Desa Datinawong berbatasan dengan Desa Bulumargi, Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur, mengeluhkan limbah pembakaran timah yang masuk ke area lahan pertanian warga.

Akibatnya lahan pertanian tidak bisa ditanami lagi lantaran terganggu limbah timah yang meluber ke lahan mereka.

Khodijah (60), salah seorang petani warga Dusun Awar-Awar, Desa Bulumargi, Kecamatan Babat, mengatakan lahan pertanian miliknya sudah lama tidak bisa ditanami lantaran terkena dampak limbah sejak adanya pembakaran timah berdiri.

"Dulu sebelum ada pembakaran timah hasil panen padi bisa mencapai 22 zak, tapi setelah ada pembakaran timah 10 zak aja kadang sulit. Kalau ditanami tidak bisa subur, bahkan tanamannya tampak garing dan mati " tutur Khodijah saat menunjukkan lokasi sawahnya yang terkena limbah pembakaran timah kepada TribunJatim.com .

Kondisi seperti ini, kata Khodijah sudah berlangsung bertahun-tahun. Akan tetapi dirinya tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ia merasa dirugikan dengan keberadaan pembakaran timah didekat lahan pertaniannya.

Sebelumnya, Khodijah juga mengaku sempat beberapa kali meminta kepada pemilik tempat pembakaran timah secara langsung terkait keluhannya. Namun, tidak ada respon dari pihak pemilik tempat pembakaran timah.

"Saya itu bingung mau minta bantu siapa. Mau lapor juga tidak tahu jalurnya, kalau nanti lapor justru malah saya kena biaya," katanya kepada TribunJatim.com .

Sementara itu, Kepala Desa Bulumargi, Trimo Hadi Saputro mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Datinawong, setelah mendapatkan laporan dari warganya yang terdampak. Sebab lokasi pembakaran timah masuk wilayah Desa Datinawong.

"Saya sudah koordinasi dengan Kades Datinawong, dan pembakaran timah itu tidak berijin dan sudah ditutup. Hasil koordinasi kalau masih beroperasi silahkan dilaporkan ke pihak yang berwajib," jelas Kades Bulumargi, Trimo Hadi Saputro, saat dikonfirmasi awak media, Senin (20/3/2017).

Sedangkan, terkait masih beroperasinya pembakaran timah di wilayah Desa Datinawong. Mudzakir, Kepala Desa Datinawong menjelaskan, selama ini usaha pembakaran timah tidak ada izinnya.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help