Dikritik Menko Kemaritiman, Teluk Lamong Kembali Buka Pintu Untuk Truk Berbahan Bakar Solar

Terminal Teluk Lamong, Gresik sudah mulai menerima kembali truk yang berbahan bakar solar.

Dikritik Menko Kemaritiman, Teluk Lamong Kembali Buka Pintu Untuk Truk Berbahan Bakar Solar
TRIBUNJATIM.COM/AULIA FITRI HERDIANA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan saat mengnjungi Terminal Teluk Lamong bersama Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Senin (20/3/2017). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aulia Fitri Herdiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Terminal Teluk Lamong, Gresik sudah mulai menerima kembali truk yang berbahan bakar solar.

Terminal Teluk Lamong sempat mencanangkan diri menjadi pelabuhan ramah lingkungan melalui cara tidak memperbolehkan truk berbahan bakar solar untuk beroperasi di pelabuhan, jadi hanya mengizinkan truk berbahan bakar gas saja.

Namun hal ini dikritisi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan saat kunjungannya ke PT Pelindo III, Senin (20/3/2017).

"Studi kelayakan itu perlu dilakukan, tetapi menyesuaikan dengan keadaan kita. Kalau terlalu maju dan kita belum siap malah nggak efisien jadinya," jelasnya saat memberi sambutan.

Dalam sambutannya, Luhut menyampaikan harapan setelah dibukanya truk campuran yang berarti truk berbahan bakar solar boleh masuk, Pelindo bisa semakin meningkatkan efisiensinya.

"Pelindo ini perusahaan yang sangat sehat, terbukti dividen marginnya mencapai 40 persen," lanjutnya.

Truk berbahan bakar solar yang hendak beroperasi di Teluk Lamong harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa diketahui besar emisi yang dikeluarkannya.

Jika tidak sesuai standar yang diberi Teluk Lamong, maka akan ada transfer atau alih lokasi yang direkomendasikan Teluk Lamong.

"Tetap kita layani, tetapi beda tempat," jelas Rumaji, Direktur Operasional Terminal Teluk Lamong saat dikonfirmasi di acara yang sama.

Penulis: Aulia Fitri Herdiana
Editor: Agustina Widyastuti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help