TribunJatim/
Home »

Jatim

Jalan Raya Sudirman Situbondo Dijadikan Kawasan Tertib Lalu Lintas

Satuan lalu lintas Polres Situbondo, Jawa Timur mulai hari ini menerapkan pilot projek kawasan tertib lalu lintas, Selasa (21/03/2017)

Jalan Raya Sudirman Situbondo Dijadikan Kawasan Tertib Lalu Lintas
TribunJatim/Izi Hartono
Lokasi jalan Sudirman yang dijadikan kawasan tertib lalu lintas. 

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Satuan lalu lintas Polres Situbondo, Jawa Timur mulai hari ini menerapkan pilot projek kawasan tertib lalu lintas, Selasa (21/03/2017)

Kawasan Taman tertib berlalu lintas untuk orang dewasa diterapkan di sepanjang jalan Raya Sudirman, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kota, Situbondo, Jawa Timur.

"Untuk saat ini yang kita berlakukan kawasan tertib lalu lintas sepanjang satu kilometer. Tapi jika ini berhasil maka akan kita tambah panjangnya," ujar Kasat Lantas Polres Situbondo, AKP Himmawan Setiawan kepada TribunJatim.com.

Pemberlakukan kawasan tertib lalu lintas, kata AKP Himmawan tidak lain untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, bahwa tertib berlalu lintas seperti di kota-kota besar model rulenya seperti ini.

"Jadi setelah keluar dari zona tertib lalu lintas ini, mereka akan sadar. Etika, aturan kami perketat dikawasan ini. Yang biasa di jalan-jalan desa, maka saat masuk kawasan tertib lalu lintas mengetahuinya," jelasnya.

Baca: Ada Konvoi Bonek, Lalu Lintas Flyover Pasar Wonokromo Padat Merayap

Dengan diberlakukannya kawasan jalur teritib lalu lintas, maka pihaknya berharap masyarkat sadar kalau jalan Sudirman merupakan jalur tertib lalu lintas.

"Untuk sarana akan kita lengkapi dibeberap titik penyebrangan, sehingga masyarakat tinggal penjet tombol untuk nyebrang," tukasnya.

Selain itu, dalam rekayasa berlalu lintas ini, lanjut AKP Himmawan, pihaknya juga memberikan edukasi disepanjang kawasan lalu lintas ini.

"Untuk sosialiasai kita upayakan selama 24 jam kepada masyarakat," kata AKP Himmawan.

Tak hanya itu, untuk parkir parkir yang dipinggir jalan raya akan dibatasi. Terutaman di jalur selatan, karena banyak areal perkantoran, diantaranya Polres, kodim dan Pemkab.

"Untuk jalur selatan tidak ada untuk parkir dipinggir jalan, sedangkan untuk jalur pinggir utara parkir akan diberi batasan waktu. Terutama jam sibuk mulai jam 07.00 hingga jam 09.00. Itu dilarang parkir disisi utara jalan raya. Sebab dipinggir jalan itu banyak toko dan ekonomi cukup tinggi," pungkasnya. (Surya/Izi hartono)

Penulis: Izi Hartono
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help