TribunJatim/

Puluhan Tukang Becak ini Gembira Dapat Cat Gratis Dari Satpol PP Tulungagung

Slamet, tukang becak berusia 80 tahun ini dengan girang memoles setang becaknya dengan cat warna biru. Slamet terlihat bersemangat mempercantik kenda

Puluhan Tukang Becak ini Gembira Dapat Cat Gratis Dari Satpol PP Tulungagung
Surya/David Yohanes
Slamet (80), tukang becak tengah memoles becaknya dengan cat gratis yang dibagikan Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Rabu (17/5/2017). 

TRIBUNJATIM.COM,TULUNGAGUNG - Slamet, tukang becak berusia 80 tahun ini dengan girang memoles setang becaknya dengan cat warna biru. Slamet terlihat bersemangat mempercantik kendaraan yang jadi mata pencariannya lebih dari 50 tahun ini.

“Mumpung gratis, sekalian selesaikan di sini,” ucap Slamet, Rabu (17/5/2017) di halaman Kantor Satpol PP Kabupaten Tulungagung.

Slamet tidak sendirian. Ada ratusan tukang becak yang mengecat ulang becaknya bersama-sama.

Semua cat disediakan gratis oleh Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Bagi Slamet, kesempatan ini harus dimanfaatkan. Sebab belum tentu setahun sekali dirinya memperbarui cat becaknya.

“Kalau tidak punya uang lebih sayang untuk beli cat. Mumpung gratis, saya ikut ke sini,” ucap tukang becak yang biasa mangkal di SDN Ringinpitu 2 ini.

Kasi Perlindungan Masyarakat (Kasi Linma) Satpol PP Kabupetan Tulungagung, Heru Santoso mengatakan, ada 1000 undangan yang disebar ke tukang becak. Mereka berasal dari seluruh pangkalan becak yang ada di Kabupaten Tulungagung. Karena jumlahnya sangat banyak, proses pengecatan dilakukan Senin (15/5/2017) hingga Jumat (19/5/2017).

“Semua cat sepenuhnya kami yang menyediakan. Ada tiga warna, yaitu merah, putih dan biru,” terang Heru.

Cat gratis untuk tukang becak ini dalam rangka rangkaian peringatan hari ulang tahun Satpol PP yang jatuh 3 Maret lalu. Karena alasan kesibukan, agenda pengecatan becak ini baru bisa dilaksanakan sekarang. Heru mengaku tidak tahu pasti, berapa cat yang dihabiskan.

“Pokoknya kalau habis, kami langsung belanja. Jadi sampai sekarang belum dihitung habisnya berapa. Untuk menghemat kami menggunakan Pertalite sebagai mengganti tiner,” tambah Heru.

Baca: Madura Rawan Pelanggaran Pilkada, Ini Akar Masalahnya

Selain cat, Satpol PP juga membagikan tudung becak, sandaran serta uang saku Rp 10.000. Selain mengundang 1000 tukang becak di wilayah kota, Satpol PP juga akan membagikan cat ke berbagai pangkalan becak di pinggiran.

Seperti pangkalan becak Pasar Ngunut, dan di pangkalan becak Pasar Bandung. Nantinya Satpol PP hanya mengirimkan cat yang dibutuhkan, sesuai dengan data ketua pangkalan.

“Kami sudah meminta masing-masing ketua pangkalan untuk mendata anggotanya. Catnya akan kami kirim, mereka yang akan membagikan secara mandiri,” tandas Heru. (Surya/David Yohanes)

Penulis: David Yohanes
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help