TribunJatim/

Ternyata Lahan Milik Kasun ini Disewakan Rp 17 Juta Setahun

Kepala Desa Ngebrak, Saeroji mengatakan lahan alih fungsi yang disewa oleh PT Merak Jaya Beton dulunya adalah Tanah Kas Desa (TKD) untuk kepala Dusu

Ternyata Lahan Milik Kasun ini Disewakan Rp 17 Juta Setahun
Surya/Mohammad Romadoni
Motor tertutup semen akibat bocor 

 TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kepala Desa Ngebrak, Saeroji mengatakan lahan alih fungsi yang disewa oleh PT Merak Jaya Beton dulunya adalah Tanah Kas Desa (TKD) untuk kepala Dusun (Kasun) III.

Namun karena saat itu jabatan Kasun III kosong pihaknya memutuskan menerima investor PT Merak Jaya Beton yang menyewa lahan seluas 6000 meter atau 400 RHU tersebut.

"Lahan TKD itu sejatinya dipakai untuk lahan pertanian dan disewakan untuk umum," ujar Saeroji, Rabu (17/5/2017).

Dikatakannya, adapun harga sewa untuk warga umum yakni setiap tahun sebesar Rp 6.000.000. Sedangkan, biaya sewa yang dikenakan untuk Pabrik bahan cor semen PT Merak Jaya Beton senilai Rp 17.000.000.

"Hasil dari hasil sewa itu bisa menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD). Hal inilah yang menjadi bahan pertimbangan kami yang menerima lahan itu disewa oleh mereka," ungkapnya.

Baca: Golkar Tetap Usul Presidential Threshold di Angka 20 Persen, Ini Alasannya

Saeroji mengaku pihaknya sempat mempertanyakan izin Hinder Ordonantie (HO) dimiliki oleh PT Merak Jaya Beton telah memiliki. Karena telah terpenuhi semua izin HO maupun IMB akhirnya pihaknya menerima lahannya untuk difungsikan menjadi pabrik cor semen tersebut.

"Kebetulan kami hanya ketempatan saja. Kalau untuk perizinan itu wewenang Pemkab Kediri," imbuhnya.(Surya/ Mohammad Romadoni).

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help