TribunJatim/

Basarnas Melatih Siswa Trenggalek Tanggap Bencana Alam

Ratusan siswa SD hingga SLTA di Kabupaten Trenggalek mengikuti pelatihan SAR yang dilakukan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas), Kamis (18/5/2017).

Basarnas Melatih Siswa Trenggalek Tanggap Bencana Alam
Surya/David Yohanes
Para siswa saat mempraktikkan memasang bidai pada tangan yang patah. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Ratusan siswa SD hingga SLTA di Kabupaten Trenggalek mengikuti pelatihan SAR yang dilakukan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas), Kamis (18/5/2017).

Pelatihan digelar di halaman Kantor Basarnas Pos SAR Trenggalek, Jalan Raya Karangsoko, Kecamatan Trenggalek.

Kepala Subdit Pemasyarakatan SAR dan Sertifikasi Basarnas, Budi Purnomo, acara ini dikemas dengan nama SAR Go to School. Tujuannya mengenalkan potensi bencana di Trenggalek, serta langkah pertama untuk menyelamatkan diri.

“Jadi anak-akan kami ajarkan, saat terjadi bencana bagaimana mereka lebih dulu menyelamatkan diri sendiri,” terang Budi.

Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk memberikan pertolongan kepada korban. Misalnya memasang bidai pada kaki atau tangan yang patah atau dislokasi.

“Ini langkah awal. Nantinya jika diinginkan, pihak sekolah bisa bersurat ke kami untuk mendapatkan pelatihan lebih lanjut,” tambah Budi.

Baca: Komputer PDAM Magetan Diserang Virus WannaCry, Pelanggan Resah

Trenggalek adalah satu dari tiga lokasi yang dipilih Basarnas untuk melakukan pelatihan, selain Balikpapan dan Medan.

Trenggalek dipilih, karena dinilai mempunyai intensitas bencana yang tinggi. Terutama banjir dan tanah longsor.

“Ke depan diharapkan anak-anak ini bukan saja paham mengenai kebencanaan, tetapi mereka juga menjadi potensi SAR di tempat tinggalnya masing-masing,” tandas Budi. (Surya/David Yohanes)

Penulis: David Yohanes
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help