TribunJatim/
Home »

Jatim

Ratusan Pelaku UMKM dan Pedangang Warung Kecil Dilatih Manajemen Ritel

Ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupeten Situbondo, Jawa Timur telah mengikuti pelatihan manajemen ritel di Pendopo Kabupaten Situ

Ratusan Pelaku UMKM dan Pedangang Warung Kecil Dilatih Manajemen Ritel
TribunJatim/Izi Hartono
Bupati Dadang Wigiarto saat membuka pelatihan manejemen ritel di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis (18/5/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupeten Situbondo, Jawa Timur telah mengikuti pelatihan manajemen ritel di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis (18/5/2017).

Pelatihan manajemen ritel yang difasilitasi Pemkab Situbondo dengan bekerjasama perusahaan toko modern atau waralaba bertujuan untuk mengajak para pelaku UMKM khususnya yang memiliki bisnis ritel untuk memahami manajemen ritel modern.

Selama ini ritel tradisional dan ritel modern sudah saatnya tumbuh berdampingan dan harus bersinergi.

Deputi brand manajer perusahaan ritel , Nur Badrianto mengatakan, kegiatan pelatihan UMKM manajeman ritek ini dilakukan secara khusus di Kabupaten Situbondo, agar UMKM dan warung warung kecil yang dengan toko modern yang ada di wilayah Situbondo.

" Harapannya UMKM produk Situbondo bisa dikenal oleh masyarakat dan juga bisa dijual di luar Situbondo. Umumnya produksi masyarakat Situbondo dan warung kecil," ujar Nur Badrianto kepada TRIBUNJATIM.COM.

Selain itu, kata Nur, dirinya akan memberikan pembinaan kepada pemilik warung warung kecil. Yakni dimulai dari proses pengambilan barang, penataan barang daganganya.

Tak hanya itu, para UMKM dan peadagang warung kecil juga akan diberi pelatihan yang berkaitan dengan standarisasi produk yang bisa masuk kedalam toko modern.

Ia berharap para pelaku UMKM harus mempersiapkan secara dini untuk bisa masuk ke ritel dengan dimulai dari produksinya dan standat kemasannya. Sehingga pada saat diajukan akan tepat.

"Untuk saat ini baru makanan dan minuman. Sedangkan yang sudah masuk baru produk kopi," katanya.

Baca: VIDEO - Kondisi Jenazah 6 Santri Gresik yang Tewas Outbond di RS Ibnu Sina

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, adanya kerjasama ini semata mata memiliki keinginan agar pengusaha bisa bersandingan dengan para pengusaha yang kecil.

Saat ini, petumbuhan ekonomi sangat cepat kata Dadang Wigiarto, sehingga tidak ada alasan untuk terkotak-kotak atau berdiri sendiri.

"Bisnis ritel tidak pernah sepi, akan tetapi bisnis ritel ini pernah mengalami penurunan.UMKM kita hatus mengambil kesempatan dalam melakukan kerja sama dengan mengambil pola bisnisnya," kata Dadang Wigiarto. (Surya/ Izi hartono)

Penulis: Izi Hartono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help