TribunJatim/

KM Mutiara Sentosa 1

KM Mutiara Layak Jalan, Sebelum Berlayar Usai Uji Petik

Kondisi Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I yang terbakar di Perairan Masalembo saat berlayar kondisinya baik dan usai menjalani uji petik.

KM Mutiara Layak Jalan, Sebelum Berlayar Usai Uji Petik
Istimewa
Kapal Motor Mutiara Sentosa 1 Terbakar 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kondisi Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I yang terbakar di Perairan Masalembu saat berlayar kondisinya baik dan usai menjalani uji petik.

Yang dimaksud uji petik adalah pengecekan keseluruhan kapal untuk memastikan kondisinya. Bahwa kapal tersebut dalam keadaan baik dan laik laut (layak berlayar).

"Kondisi kapal bagus. Sebelum berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Balikpapan habis menjalani uji petik," tutur Kabid Penjagaan Patroli dan Penyidikan Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Edi Sumarsono di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Tanjung Perak, Sabtu (20/5/2017).

Pada KM Mutiara Sentosa I tidak ada masalah dalam rute perjalanan mengarungi lautan. Justru kesalahan yang terjadi bukan dari kapal. Tetapi adanya dugaan api yang memercik dari truk di car deck.

Baca: Innalillahi, KM Mutiara Sentosa 1 Bermuatan Ratusan Orang Terbakar, Korban Meninggalnya Sebanyak Ini

Lantas api cepat merembet dan membakar kendaraan dan barang lain yang ada di car deck. Akhirnya api merembet ke bagian lain yang ada dalam kapal.

"Kebakaran yang terjadi di uar kemampuan kapal. Sebenarnya ada ketentuan kendaraan yang ada di kapal tidak boleh menyalakan mesin, aki dilepas, dan bahan bakar dikurangi. Ini yang akan diselidiki," terang Edi. (Surya/ Anas Miftakhudin)

Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help