TribunJatim/
Home »

Jatim

Aksi KPK di DPRD Jatim

KPK Periksa Kepala Dinas Pertanian Jatim dan Stafnya dalam Dugaan Suap DPRD Jatim

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menuntaskan kasus suap terkait dengan pelaksanaan tugas pengawasan dan pemantauan DPRD Jatim.

KPK Periksa Kepala Dinas Pertanian Jatim dan Stafnya dalam Dugaan Suap DPRD Jatim
surya/ Nuraini Faiq
Petugas KPK periksa ruangan di kantor Dinas Peternakan, Rabu (7/6/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menuntaskan kasus suap terkait dengan pelaksanaan tugas pengawasan dan pemantauan oleh DPRD Provinsi Jatim terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) dan penggunaan anggaran di provinsi Jatim tahun 2017‎.

Pada hari Selasa (20/6/2017) penyidik memeriksa dua tersangka di kasus ini yakni ‎Anang Basuki Rahmat (ABR) Staf Dinas Pertanian Provinsi Jatim dan Bambang Heryanto (BH), Kadis Pertanian Provinsi Jatim.

"ABR dan BH hari ini diperiksa sebagai tersangka suap terkait dengan pelaksanaan tugas pengawasan dan pemantauan oleh DPRD Prov Jatim terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) dan penggunaan anggaran di provinsi Jatim tahun 2017," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Sebelumnya dalam kasus ini, penyidik KPK sudah banyak melakukan pemeriksaan saksi di daerah, pada Rabu (14/6/2017) penyidik memeriksa 10 saksi di kantor Subdit Tipikor, Polda Jawa Timur.

Sepuluh saksi yang diperiksa berasal dari unsur PNS Dinas Pertanian dan Dinas perkebunan Prov Jatim. Mereka diperiksa untuk tersangka ABR dan BH.

Kamis (15/6/2017) lalu, penyidik memeriksa 7 saksi di kasus tersebut dari unsur PNS Dinas Pertanian dan Peternakan, Provinsi Jawa Timur.

Selain pemeriksaan saksi, penyidik juga intens melakukan penggeledahan ‎di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, dan kantor DPRD Jatim.

Dari sana penyidik ‎menyita sejumlah dokumen.

Seperti diketahui, dua dari SKPD dibawah Komisi B DPRD Jatim yakni Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan terjerat kasus dugaan suap terkaitpelaksanaan tugas pengawasan dan pemantauan Provinsi Jatim tentang penggunaan anggaran tahun 2017.

Dalam kasus ini KPK menyita uang Rp150 Juta dari hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Senin, 5 Juni 2017 lalu di Jawa Timur.

Halaman
12
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help