TribunJatim/
Home »

Jatim

Kawal Masa Orientasi Siswa Baru, Dinas Pendidikan Gandeng Polda Jatim

Kegiatan siswa baru saat masuk diisi dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) selama beberapa hari.

Kawal Masa Orientasi Siswa Baru, Dinas Pendidikan Gandeng Polda Jatim
SURYA/SULVI SOFIANA
Kabag Bin Opsnal Binmas Polda Jatim AKBP, Dody Eko Wijayanto saat menyampaikan materi yang harus disampaikan pihak sekolah selama MPLS pembekalan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di kantor Dindik Jatim, Kamis (13/7/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tahun ajaran 2017/2018 akan dimulai pada Senin (17/7) nanti. 

Di awal masuk, kegiatan untuk siswa baru akan diisi dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) selama beberapa hari.

Tahun ini Dinas Pendidikan Jatim tak tanggung-tanggung, pihaknya menggandeng Polda Jatim untuk pembinaan di tiap sekolah selama kegiatan MPLS.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Saiful Rachman mengatakan Kepolisian akan memberikan materi tentang berbagai masalah krusial belakangan ini kepada siswa baru.

Baca: Gubernur Jatim Paksa Sekolah Cari Pendanaan Lain, Ini Penyebabnya

Diantaranya tentang pendidikan karakter, bela negara, dan deradikalisasi. "Ini kerjasama bagus agar siswa baru bisa menyikapi berbagai situasi dengan positif," jelasnya pada Surya.co.id, Kamis (13/7/2017) usai pembekalan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di kantor Dindik Jatim.

Selain itu, dalam pelaksanaan MPLS, sekolah diminta mematuhi peraturan lama. Yakni, Permendikbud 18/2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

Dalam aturan itu sekolah dan guru merupakan perencana, pelaksana dan penanggung jawab MPLS. Siswa atau OSIS sifatnya hanya membantu. MPLS digelar selama tiga hari.

"Siswa baru tidak boleh diminta beli atribut macam-macam selama MPLS. Sekolah harus membuat nyaman siswa baru," ungkapnya.

Baca: Tak Dilirik Siswa, Pendaftaran Siswa Baru di SMA Negeri Pinggiran Seperti Kuburan

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help