TribunJatim/

Paspor Bermasalah, Kini 85 CJH Jombang Harus Di-BAP

Sedikitnya 85 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Jombang untuk pemberangkatakan tahun ini harus melengkapi dokumen Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di K

Paspor Bermasalah, Kini 85 CJH Jombang Harus Di-BAP
Tribunnews.com
Ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Sedikitnya 85 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Jombang untuk pemberangkatakan tahun ini harus melengkapi dokumen Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat. Sebab, data pada paspor mereka berbeda dengan dokumen identitas lainnya.

Ini ditemukan setelah dilakukan validasi data. “Sudah ada 85 dokumen yang saya tandatangani untuk BAP karena data paspor dengan dokumen haji tidak cocok,” ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Jombang, Nur Habib Adnan kepada Surya, Senin (17/7/2017).

Habib menjelaskan, perbedaan dokumen tersebut di antaranya pada penulisan nama di KTP (kartu Tanda Penduduk) dengan paspor ada yang tidak sama hurufnya, meskipun bunyinya tetap sama.

Selain itu ada juga yang tanggal lahir di paspor berbeda dengan yang terdapat di KTP.

“Perbedaan data paspor dengan identitas kependudukan milik CJH memang macam-macam. Antara lain itu tadi, penulisan nama, tanggal lahir dan alamat,” jelasnya.

Untuk menghindari permasalahan dalam proses pemberangkatan ke tanah suci, para CJH itu harus mengisi formulir BAP yang sudah disediakan Kantor Kemenag Jombang.

Baca: Keluarga Tak Lagi Bisa Antar Jemaah hingga Asrama Haji Sukolilo

“Semua CJH yang data paspornya ada masalah harus di-BAP di sini,” kata Habib.

Jumlah CJH Kabupaten Jombang sendiri, yang akan berangkat ke tanah suci pada 2017 sebanyak 1.283 orang. Dengan rincian 445 orang tergabung di kloter 75, lalu 445 orang di kloter 76, dan 395 berada di kloter 77.

“Mereka akan berangkat pada 23 Agustus mendatang. Pemberangkatan di hari yang sama, hanya berbeda jamnya. Untuk kloter 77 akan tergabung dengan CJH asal Surabaya,” pungkas Habib.(Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help