TribunJatim/

SMP Negeri di Banyuwangi Wajibkan Anak Didiknya Pakai Ini, Begini Kata Dewan Pendidikan Jatim

Baru-baru ini beredar di media sosial terkait informasi tentang seorang siswa yang ditolak masuk sekolah lantaran tak mau memakai jilbab.

SMP Negeri di Banyuwangi Wajibkan Anak Didiknya Pakai Ini, Begini Kata Dewan Pendidikan Jatim
TRIBUNJATIM.COM/ADENG SEPTI IRAWAN
Pengurus Bidang Perluasan Akses dan Pemerataan Pendidikan Dewan Pendidikan Jatim, Daniel Rohi. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Adeng Septi Irawan

TRIBUNJATIM.COM,SURABAYA - Baru-baru ini beredar di media sosial terkait informasi tentang seorang siswa yang ditolak masuk sekolah lantaran tak mau memakai jilbab pada salah satu sekolah SMP Negeri di Kecamatan Genteng, Banyuwangi.

Diketahui SMP Negeri tersebut terapkan aturan berjilbab bagi semua siswinya.

Siswa yang ditolak masuk tersebut adalah non muslim.

Akibat ditolak dari sekolah tersebut siswa tersebut terpaksa pindah ke sekolah lain.

Mendengar berita itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas langsung mengeluarkan aturan untuk menghapus kebijakan yang diterapkan di sekolah SMP tersebut.

Pengurus Dewan Pendidikan Jatim memberikan dukungan kepada Bupati Banyuwangi yang melakukan pemberantasan diskriminasi di dunia pendidikan.

"Respon dari Bupati Banyuwangi yang sangat posiitif untuk membatalkan aturan seperti ini sangatlah tepat," kata Daniel Rohi saat dikonfirmasi Tribunjatim.com, Senin (17/7/2017).

Hal tersebut patut diapresiasi dan pas menjadi contoh bagi pimpinan daerah yang lain di seluruh Indonesia, tambahnya, ketika berhadapan dengan kasus serupa demi membuktikan bahwa Pancasila sebagai dasar kehidupan bernegara ditegakkan untuk memayungi dan mengayomi keberagaman masyarakat Indonesia.

Penghargaan juga disampaikan kepada orang tua siswa yang berani mengambil resiko untuk memperjuangkan apa yang dianggap menyimpang dalam pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Adeng Septi Irawan
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help