TribunJatim/
Home »

Jatim

Hanya Modal Rp 10 Ribu, Kapal Dewa Ruci Buatan Andi Laku Rp 5 Juta dan Mampu Pikat Presiden Jokowi

Usaha tak kenal lelah akhirnya membuahkan hasil, bahkan bisa mengantarkan bertemu orang nomor satu di Republik ini.

Hanya Modal Rp 10 Ribu, Kapal Dewa Ruci Buatan Andi Laku Rp 5 Juta dan Mampu Pikat Presiden Jokowi
SURYA/SAMSUL HADI
Andi Riyan menunjukkan salah satu kerajinan miniatur kapal Dewaruci karyanya, Rabu (2/8/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR – Kerajinan miniatur kapal Dewaruci karya Andi Riyan (34), memiliki kekhasan berbahan kayu jati.

Kerajinan minatur kapal karya pria asal Desa Tlogo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, ini sekarang sudah menembus pasar luar negeri.

Andi belum lama menekuni membuat kerajinan miniatur kapal. Bapak satu anak ini mulai terjun ke bisnis itu awal 2016. Semua berawal karena kepepet masalah ekonomi.

Setelah memutuskan keluar dari tempat kerjanya pada 2012, dia nyaris tidak punya pendapatan tetap.

Pria berperawakan tinggi kurus ini mencoba berbagai usaha tapi selalu gagal. Modal untuk usaha sudah ludes. Mobil dan barang berharga lain ikut terjual untuk menutup utang-utang yang digunakan usaha.

“Saya pernah usaha sembako, tapi gagal, modalnya habis,” kata Andi menceritakan ulang pengalaman usahanya, Rabu (2/8/2017).

(Inilah Kronologis OTT Bupati Achmad Syafii dan Kajari Pamekasan Oleh KPK)

Dia lalu memutuskan merantau ke Nusa Tenggar Timur (NTT) untuk kerja di proyek. Tetapi di tengah perjalan ke tempat perantauan dengan naik kapal, niat Andi bekerja di tempat orang pupus. Tiba-tiba dibenaknya muncul ingin membuat kerajinan miniatur kapal.

“Saat naik kapal, saya melihat kapal Dewaruci milik TNI AL. Dalam pikirannya saya langsung muncul ini (kapal) bisa jadi uang. Saya ingin membuat kerajinan miniatur kapal,” ujarnya.

Setelah sebulan di NTT, Andi memutuskan untuk pulang ke kampung halaman di Desa Tlogo. Dengan modal Rp 10.000, dia memulai usaha membuat kerajinan miniatur kapal.

Halaman
123
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help