TribunJatim/

Mark Up Gaji Karyawannya, HRD Oppo di Malang Ditangkap Polisi

HRD PT Indonesia Oppo Elektronik Kantor Malang, Chandra Kartika (35) ditangkap jajaran Satreskrim Polres Malang Kota. Penangkapan itu berdasar lapora

Mark Up Gaji Karyawannya, HRD Oppo di Malang Ditangkap Polisi
Surya/ Benni Indo
Chandra Kartika diamankan Polisi karena melakukan mark up gaji karyawannya di perusahaan ponsel Oppo, Kamis (3/8/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - HRD PT Indonesia Oppo Elektronik Kantor Malang, Chandra Kartika (35) ditangkap jajaran Satreskrim Polres Malang Kota. Penangkapan itu berdasar laporan yang diterima pihak kepolisian dari perusahaan. Polisi menangkap Chandra di kantornya pada Selasa (1/8/2017).

Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Heru Dwi Purnomo mengatakan kalau Chandra Kartika telah melakukan mark up gaji karyawannya. Nilai mark up yang dilakukan Chandra bervariasi. Nilainya mulai Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta.

"Yang dilaporkan Rp 150 juta, namun yang bisa dibuktikan saat ini baru Rp 16 juta," kata Heru, Kamis (3/8/2017).

Heru menyontohkan, gaji karyawan yang semestinya Rp 2.5 juta dalam laporan ke Jakarta dinaikkan menjadi Rp 3 juta. Selisih Rp 500 dari gaji karyawannya itu lantas digunakan untuk kepentingan pribadi oleh Chandra.

"Dia sendiri ngakunya dapat gaji Rp 3.5 juta per bulan. Dari hasil mark up bisa dapat hingga Rp 5 juta per bulan," tambah Heru.

Ada sekitar 200 orang karyawan yang gajinya dimark up oleh Chandra. Chandra sudah melakukan aksinya itu sejak Desember 2016 lalu. Warga Sidoarjo itu pun terancam pasal 374 KUHP dengan ancaman penjara lima tahun. (Surya/Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help