TribunJatim/

Jelang Pilkada, Ribuan Kotak Suara di Pasuruan Rusak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur terus berbenah jelang pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) 2018 mendatang.

Jelang Pilkada, Ribuan Kotak Suara di Pasuruan Rusak
surya/Galih Lintartika
Kotak Suara 

 TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur terus berbenah jelang pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) 2018 mendatang.

KPU mulai mempersiapkan tahapan yang akan dilalui sebelum hari H pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sore (4/8/2017) ini, KPU memeriksa ribuan kotak suara yang ada di halaman kantor KPU di Pogar, Kecamatan Bangil. Hasilnya, KPU menemukan kotak suara yang rusak. Bahkan, jumlahnya mayoritas dari kotak suara yang berada di halaman ini rusak.

Kerusakannya pun bervariasi. Ada yang patah, ada yang hilang penutupnya, dan kotak suara dipenuhi dengan karat di semua badan kotak suara. Kondisi ini disebabkan, karena ribuan kotak suara tidak memiliki tempat penyimpanan yang layak dan memadai.

Ketua KPU Pasuruan Winaryo Sujoko mengatakan, gudang penyimpanan kotak suara KPU itu ada dua. Pertama, di Kejayan, dan kedua di halaman kantor KPU di Pogar.

"Untuk yang di Kejayan ada penutupnya, jadi aman dari sinar matahari dan hujan. Sedangkan untuk di Kantor KPU, belum ada penutupnya," katanya kepada Surya, Jumat (4/8/2017).

Dari pantauan di lapangan, kotak suara yang di Kantor KPU ini memang diletakkan di halaman. Kondisinya memang memprihatinkan. Tidak ada penutupnya sama sekali.

"Ada sekitar 1.180 kotak suara yang rusak, perlu ada perbaikan," terangnya.

Menurutnya, pihaknya memang sudah mengajukan bantuan pembangunan untuk gudang penyimpanan kotak suara di Kantor KPU.

"Sudah saya ajukan ke Dinas Cipta Karya, dan mereka menyanggupinya. Kemungkinan anggarannya akan diajukan dalam PAK akhir Agustus mendatang," paparnya.

Rencananya, pembangunan gudang penyimpanan itu, kata dia, akan ditempatkan di Kantor KPU Kabupaten Pasuruan.

"Kotak suara yang selama ini tidak tertutup, akan dipindahkan. Dengan catatan, sebelum dipindahkan, kotak suara akan diperbaiki terlebih dahulu," imbuhnya.

Menurut Winaryo, ada alokasi anggaran sekitar Rp 19 juta untuk perbaikan kotak suara. Perbaikan ini mulai dari penggantian gembok yang sudah rusak, cat ulang untuk menghilangkan karat dan sebagainya.

"Target kami, akhir Desember nanti, sudah tidak ada namanya kotak suara rusak. Semuanya sudah ready dan siap digunakan untuk menyimpanan kertas suara pemilih dalam Pilbup tahun depan," tutupnya. (Surya/Galih Lintartika)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help