TribunJatim/

Kota Pasuruan Kekurangan Guru, Banyak Lembaga Ramai-ramai Ajukan Penambahan

Pendidikan di Kota Pasuruan masih jauh dari kata layak. Ini terlihat dari minimnya jumlah guru yang ada.

Kota Pasuruan Kekurangan Guru, Banyak Lembaga Ramai-ramai Ajukan Penambahan
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Proses belajar mengajar sekolah di Kota Pasuruan, Senin (7/8/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Pendidikan di Kota Pasuruan masih jauh dari kata layak. Ini terlihat dari minimnya jumlah guru yang ada.

Padahal, guru merupakan ujung tombak untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berpendidikan dan berperilaku luhur.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pasuruan Suhariyanto mengatakan, minimnya guru tersebut membuat saat ini setidaknya ada sembilan lembaga pendidikan yang sudah mengajukan untuk penambahan jumlah guru.

"Memang belum ideal, tahun ini ada sekolah yang mengajukan penambahan karena memang kondisinya sedang kekurangan guru," katanya kepada Surya, Senin (7/8/2017).

Dari seluruhan lembaga itu, masing-masing sekolah mengusulkan penambahan guru sebanyak tujuh orang. Adapun total keseluruhan bantuan penambahan guru hingga mencapai 269 orang.

Rinciannya, 48 lembaga SD negeri mengalami kekurangan 146 guru. Sedangkan, 11 lembaga SMP negeri mengalami kekurangan 123 guru.

“Kami akan sediakan guru tambahan untuk memenuhi kebutuhan. Ini lagi proses," terangnya.

Ia menyebut, beberapa waktu lalu, pihaknya melakukan sosialisasi tentang perekrutan dan penambahan guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) yang sesuai kebutuhan.

GTT dan PTT yang direkrut oleh lembaga, akan melakukan tahap verifikasi melalui bidang tendik dan sekretariat Pemkot Pasuruan.

"Termasuk juga, pihak Dinas melakukan tahap administrasi serta mencocokkan ijazah yang dimili pelamar dan mapel yang telah dilamarnya,” papar Suhariyanto. (Surya/Galih Lintartika)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help