TribunJatim/
Home »

Jatim

Komnas HAM Sebut Cukup Wajar Penanganan Kasus Novel Baswedan Cenderung Lambat

Pasca berstatement terkait hal tersebut, Nur juga menyampaikan pendapatnya tentang kasus penyiraman air keras terhadap Penyidik senior KPK...

Komnas HAM Sebut Cukup Wajar Penanganan Kasus Novel Baswedan Cenderung Lambat
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Pradhitya Fauzi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Muhammad Nurkhoiron mendatangi Polda Jatim dengan tujuan ingin berkoordinasi untuk menangani pelanggaran HAM.

Dia fokus membicarakan kasus pembantaian dukun santet oleh para pelaku yang dijuluki 'ninja' di kawasan Banyuwangi pada tahun 1998.

Pasca berstatement terkait hal tersebut, Nur juga menyampaikan pendapatnya tentang kasus penyiraman air keras terhadap Ketua Penyidik KPK, Novel Baswedan.

"Komnas HAM terhadap Novel Baswedan banyak mendorong proses hukum yang selama ini dilakukan oleh kepolisian yang berkoordinasi dengan KPK, karena penegakan hukum tetap ada di kepolisian," terang pria ini

(Sempat Unggul di Babak Pertama, Persebaya Berbagi Angka 1 Sama Tim Tuan Rumah Persepam MU)

Dia menambahkan hanya sebatas mendukung peran pemerintah dalam melakukan penyidikan kasus itu.

"Bila proses itu mengalami kesulitan maka Komnas HAM akan mengkaji, mendorong, dan memantau proses hukum yang dilakukan kepolisian," sambungnya.

Selain itu, Nur mengatakan lembaga lain justru telah menyuarakan hukum pada hal tersebut.

"Kalau lembaga lain seperti Muhammadiyah, itu kan sudah mendorong dan itu hak warga negara untuk menyuarakan, kita tidak bisa menghalang-halangi," tutur Nur sembari melihat waktu yang berada di jam tangan di tangan kirinya itu.

Halaman
12
Penulis: Pradhitya Fauzi
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help