TribunJatim/

Jelang Karnaval Tujuh Belasan, Para Seniman Banjir Orderan, Omzetnya Fantastis

Menjelang pelaksanaan karnaval 17-an, para seniman di berbagai daerah banjir dan panen orderan.

Jelang Karnaval Tujuh Belasan, Para Seniman Banjir Orderan, Omzetnya Fantastis
SURYA/DONI PRASETYO
Rudi Aryanto, seniman di Magetan saat menyelesaikan hiasan menyerupai naga pesanan SMPN 4 Magetan yang akan digunakan karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 72, di gallerynya Ari Art Studio, Senin (14/8/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Menjelang pelaksanaan karnaval 17-an, para seniman di berbagai daerah banjir orderan.

Ini misalnya dialami Rudi Aryanto. Seniman kereta hias warga Dusun Kauman, Kecamatan/Kabupaten Magetan menjelang karnaval peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini banjir pesanan dari instansi dan sekolah.

Pesanan tidak hanya dari Magetan, tapi juga dari luar daerah. Omzetnya bisa puluhan juta dalam bulan Agustus ini saja.

"Pesanan sampai menolak nolak, ini yang dari Sidoarjo, Mojokerto terpaksa kami tolak. Kami hanya mengerjakan yang wilayah Magetan sekitar," ujar Rudi Aryanto, kepada Surya di Ari Art Studio Gallery, Senin (13/8/2017).

Menurut Rudi, hiasan mobil seperti kereta naga plus baju ini, biayanya sebesar Rp 1,9 juta. Dengan pengerjaan selama kurang lebih tiga hari.

"Kami ini tenaganya terbatas, kami hanya lima orang plus saya. Jadi saya yang menggambar dan merancang, teman teman ini yang mengerjakan," jelasnya.

(Mau Apel ke Mapolres, Polwan Cantik ini Dikeroyok Begal, Motor dan Barang Berharganya Jadi Bancaan)

Saat ini, di gellery miliknya, ada beberapa yang harus diselesaikan sebelum jadwal karnaval peringatan HUT RI ke-72 mendatang. Sedang dua pesanan dari SMPN 4 Magetan dan SMPN 3 Maospati, Magetan saat ini dalam penyelesaian.

"Ini untuk SMPN 4 Magetan, komplit dengan kostumnya, disesuaikan dengan tema kereta naga, ala zaman kerajaan Majapahit," katanya.

Untuk orderan sekolahan biayanya yang biayanya kisaran Rp 2 juta - Rp 3 jutaan. Untuk instansi bisa lebih dari itu, karena tema dan motifnya lebih rumit dan membutuhkan banyak hiasan, lampun maupun cat warna.

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help