TribunJatim/

Rutan Overload, Puluhan Napi Dapat Bonus Remisi

Remisi untuk mengajarkan warga bianaan merubah perilaku tidak baik yang pernah dilakukan.

Rutan Overload, Puluhan Napi Dapat Bonus Remisi
SURYA/DONI PRASETYO
Bupati Magetan Sumantri memberikan ucapan selamat ke napi penerima remisi di Rutan Kelas IIB Magetan, Kamis (17/8/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Sebanyak 70 narapidana (napi) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Magetan menerima remisi HUT Kemerdekaan RI ke 72, lima orang diantaranya langsung bebas.

Dari kelimanya, tiga pidana umum, satu orang kasus toto gelap (togel), satu orang cuti bersyarat.

"Sebenarnya kita mengajukan 75 orang warga binaan, tapi lima orang belum disetujui permohonan remisinya. Kelima warga binaan itu, terkait kasus Tipikpr dan narkoba," kata Kepala Rutan kelas IIB Magetan Indra Pitoy kepada Surya, Kamis (17/8/2017).

Menurut Indra Pitoy, warga binaan yang berada di Rutan kelas IIB Magetan, seluruhnya penerima vonis dibawah lima tahun.

(Berkat Jalan Kaki 4 Kilometer Tiap Hari, Bocah Pacitan ini Sabet 3 Emas Lomba Catur Dunia di China)

Karena itu, yang menerima vonis diatas lima tahun di layar (pindahkan) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Madiun atau kota lain yang kekasnya sama dengan Lapas Madiun.

"Idealnya untuk penghuni Rutan itu warga binaan yang menerima vonis maksimal 2,5 tahun. Sehingga warga binaan penerima vonis diatasanya bisa dipindahkan ke Lapas diluar kota," ujarnya.

Persyaratan mendapat remisi, tambah Indra, sudah menjalani masa hukuman selama enam bulan, dalam masa penilaian selama satu tahun tidak pernah melakukan pelanggaran, dan tidak berbuat tercela.

(Lima Foto Heroik Bonek dan Brajamusti di Laga Persebaya vs PSIM, Nomor 2 Bikin Merinding)

"Tapi bagi warga binaan yang terlibat kasus Tipikor, narkoba dan teroris ada tambahan bersedia membuat surat pernyataan bersedia menjadi justice collaborator atau mau bekerjasama untuk mengungkap kasus itu demi keadilan," kata Indra Pitoy.

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help